Semifinal Leg 1, Persab Kalah 1-0 Atas Persibara
LAPORAN TAKWO HERIYANTO
Senin, 09/07/2018, 00:30:40 WIB

Skuad Persab Brebes. (Foto : Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Banjarnegara) - Persab Brebes menelan kekalahan dengan skor 1-0 atas tuan rumah Persibara Banjarnegara dalam laga semifinal Leg 1 Liga 3 Jawa Tengah 2018, yang berlangsung di Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara, Minggu 8 Juli 2018 sore.

Dalam laga putaran pertama babak empat besar itu, pasukan Laskar Jaka Poleng tanpa diperkuat beberapa pemain yang dianggap cukup berperan penting dalam membantu kesebelasan asal Kota Bawang Merah dan Telur Asin ini.

Diantaranya adalah, sang top skor Dian Sasongko berhalangan hadir, karena  salah satu keluarganya tengah ada hajat pernikahan. Kemudian, sang kapten Kiky LIs Susanto, tidak bisa dimainkan karena terkena akumulasi kartu.

Sama halnya dengan sang penyerang Achmad Syafi'i, juga terkena akumulasi kartu. Selain itu, pemain dua pemain belakang M. Lisun dan Varizal M. Putra, juga tidak bisa dimainkan karena cedera saat melakukan latihan.

Tidak adanya beberapa pemain yang dianggap cukup berperan penting terhadap Persab itu, faktor kekalahan Persab atas tuan rumah, lantaran salah satu pemain belakang M. Faiz terkena kartu merah pada menjelang babak pertama usai.

Adapun gol semata wayang Persibara diciptakan oleh eks pemain Persab pada 2013-2014 lalu, yakni Wisnu Nugroho pada pertengah babak pertama. Gol kemenangan bagi pemain nomor punggung 9 itu, berawal dari pergerakan sayap kanan yang kemudian terjadi kemelut dengan beberapa barisan pertahanan Persab di depan mulut gawang.

Sedangkan pada babak kedua berlangsung, tuan rumah yang terus menggempur daerah pertahanan Persab dan memiliki banyak peluang gol, tidak mampu menambah keunggulan. David Sanjaya, sang penjaga gawang Persab, juga menjadi barisan pertahanan terakhir, yang beberapa kali mampu menipis tendangan keras bagi tuan rumah, meski harus jatuh bangun.

Sementara, untuk bisa mamastikan diri lolos ke babak final, tim asuhan Edy Prayitno ini, harus menang minimal dua gol tanpa balas pada laga semifinal Leg 2, yang akan di gelar di Stadion Karangbirahi Brebes (SKB), Minggu 15 Juli 2018 mendatang.

Menurut Pelatih Persab Brebes Edy Prayitno, kekalahan timnya atas tuan rumah Persibara Banjarnegara dengan skor 1-0 dalam laga semifinal leg 1 Liga 3 Jateng 2018 adalah sebagai alur prestasi ujicoba.

Mengingat, tim berjuluk Laskar Jaka Poleng yang sudah memastikan diri lolos ke zona jawa Liga 3 ini, baru mulai latihan selama 4 hari dan kini tinggal menyisakan kompetisi di tingkat regional.

Kemudian, untuk ajang Piala Indonesia melawan PSIS Semarang nanti adalah sebagai alur prestasi antara.  Selanjutnya, pada kompetisi putaran zona Jawa Liga 3 nanti, adalah sebagai alur prestasi target.

Adapun untuk laga semifinal leg 2 Liga 3 Jateng 2018 pada pekan depan, pelatih asal Magelang ini, enggan untuk mengatakan optimis maupun tidak optimis.

"Saya tidak mau mengatakan optimis atau tidak optimis. Sebab, Persab Brebes sendiri pernah kalah 3-1 atas tuan rumah PSD Demak, namun berhasil comeback saat laga babak delapan besar lalu. Tapi yang jelas, semua pemain inti pada semifinal leg 2 akan dimainkan, dan tentunya dengan harapan Persab bisa comeback dan lolos ke babak puncak final nanti," harap Edy Prayitno.