Arus Mudik di Jalur Brebes-Purwokerto Padat Macet
LAPORAN NINO MOEBI
Rabu, 13/06/2018, 23:51:21 WIB

Arus kendaraan di jalur selatan ke Purwokerto padat (atas) dan tersendat perlintasan KA Karangsawah (Foto: Nino)

PanturaNews (Brebes) - Arus mudik Lebaran di jalur lalu lintas yang ada di perbatasan dua wilayah Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, jurusan Brebes-Tegal-Purwokerto sempat terkunci, hampir tidak bergerak, Rabu 13 Juni 2018 sore.

Volume kendaraan dari arah utara yakni di Klonengan, Prupuk, Kabupaten Tegal, menuju selatan ke Bumiayu dan Purwokerto, terus merangsek hingga menutup seluruh lajur. Dampkanya lalu lintas terkunci tidak bisa bergerak beberapa saat.

Penumpukan kendaraan mulai dari Desa Linggapura, Tonjong hingga perlintasan kereta Karangsawah. Sejumlah petugas Pospam 11 Karangsawah, mengantisipasi untuk mengosongkan area lintasan kereta karena sangat membahayakan.

Di perbatasan dua wilayah, tepatnya Desa Kesambi, Kabupaten Tegal, Kasat Lantas Polres Tegal, AKP Ghifar yang memantau kemacetan tiba-tiba datang Waka Polres Kabupaten Brebes, Kompol Wahyudi berang melihat jalur lalu lintas terkunci tidak bergerak.

Seketika itu Waka Polres Brebes, Kompol Wahyudi dan Kasat Lantas Polres Tegal, turun langsung mengatur kendaraan.

Sebelumnya kemacetan terjadi di jembatan layang Klonengan, Prupuk, mulai pukul 12.30, imbas dari titik temu kendaraan dari arah Pejagan, Songgom Kabupaten Brebes dan dari Balapulang, Margasari, Kabupaten Tegal. Hal itu imbas dari lintasan kereta Karangsawah Tonjong, Kabupaten Bebes.

Kemacetan juga menjadi perhatian Dandim 0712 Tegal, Letkol Kav Kristiyanto S.Sos yang turun ke lokasi Pospam Klonengan, Prupuk Kabupaten Tegal, dengan mengendarai sepeda motor menyusuri titik kemacetan hingga ke lokasi perlintasan kereta Karangsawah, Tonjong, Kabupaten Brebes.