Forkopimda serahkan Zakat ke Baznas
LAPORAN ADANG PURNOMO
Kamis, 07/06/2018, 20:07:36 WIB

Bupati Kendal dr. Minta Annisa MSi, Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur, Ketua DPRD Prapto Utono, Dandim 0715/Kendal dan Kapolres Kendal, saat menyerahkan zakat pada Baznas Kendal (Foto: Adang Purnomo)

PanturaNews (Kendal) - Pejabat Forkopimda Kabupaten Kendal Jawa Tengah antara lain Bupati Kendal dr. Minta Annisa MSi, Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur, Ketua DPRD Prapto Utono, Dandim 0715/Kendal dan Kapolres Kendal, telah menyerahkan Zakat kekayaanya ke Baznas setempat, Kamis 7 Juni 2018.

Baznas Kendal hingga sepekan jelang Idul Fitri 2018, telah berhasil mengumpulkan zakat sebesar Rp 101.760.000. Zakat tersebut berasal dari jemput zakat terhadap para pengusaha yang ada di Kendal sebesar Rp 22.000.000, dari gerai zakat di dua bank Rp 700.000 dan layanan zakat pimpinan daerah dan pejabat Kabupaten Kendal sebesar Rp 79.060.000.

Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Zakat Baznas Kendal, Sarah Nunu Zaenubia mengatakan, program jemput zakat merupakan program baru dari Baznas Kendal dengan mengajak para pengusaha agar menyalurkan zakatnya ke Baznas.

Dengan menyalurkan zakat ke Baznas, maka manfaatnya justru akan lebih besar, karena akan dikelola dengan baik. Hasil dari pengumpulan Zakat tersebut akan digunakan antara lain untuk membantu pendidikan dan pemberdayaan ekonomi umat dengan memberikan peralatan usaha.

"Jika zakat diserahkan sendiri, maka manfaatnya tidak berpengaruh besar, karena biasanya diberikan dalam bentuk sembako yang akan cepat habis dimakan. Zakat yang dikelola Baznas akan lebih besar manfaatnya, karena digunakan untuk pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan,” kata Sarah Nunu Zaenubia.

Sementara itu pegawai Kantor Baznas Kendal, Ali Mashar mengatakan bahwa Layanan Zakat Pimpinan Daerah, Kepala OPD dan BUMD di bulan Ramadan baru pertama kali dilakukan.

" Harapannya, setelah pimpinan memberi contoh maka akan diikuti oleh para pegawai yang ada di bawahnya,” ujar Ali Mashar.