Pemkab Brebes Bina Penyusunan RKPDesa 2019
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN
Rabu, 16/05/2018, 06:12:17 WIB

Para Ketua RT dan Ketua RW berdesakan saat penerimaan dana pembinaan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah, melakukan pembinaan perencanaan pembangunan desa Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun 2019 di Kecamatan Bumiayu dan Kecamatan Paguyangan, Rabu 16 Mei 2019.

Wakil Bupati Brebes, Narjo SH yang hadir dalam kegiatan tersebut mengajak agar Pemerintah Desa benar-benar dapat RKPDesa dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

"Pembangunan itu dimulai dari desa, baka buatlah rencana dengan baik untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat," katanya saat menyampaikan sambutan.

Menurutnya, Kabupaten Brebes memiliki jumlah penduduk yang terbesar di Provinsis Jawa Tengah. Jumlah penduduk besar itu dapat menjadi potensi jika dikelola dengan baik melalui prenecanaan pembangunan.

"Penduduk kita jumlahnya terbesar, maka harus dilakukan perencanaan pembangunan yang baik untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya," ucap Narjo.

Sementara itu, Kasi Penguatan Kelembagaan Masyarakat Desa Dispermades, M Darmawan Adhi mengatakan, dalam perencanaan pembangunan des, harus melibatkan semua unsur masyarakat. Lembaga-lembaga desa yang ada dan juga Ketua RT dan RW juga harus dilibatkan untuk penyusunan rencana kerja dan rencana pembangunan desa.

"Semua harus ikut dilibatkan agar penyusunan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat desa," katanya.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan pembagian dana pembinaan untuk para Ketua RT dan Ketua RW di masing-masing desa. Kegiatan diikuti oleh para Kepala Desa, BPD, LPM Ketua RT dan RW serta lainnya.

Kegiatan pembinaan perencanaan pembangunan desa Penyusunan RKPDesa Tahun 2019 Kecamatan Bumiayu digelar di Pendopo 2 Bumiayu dan untuk Kecamatan Paguyangan dilaksanakan di halaman kantor kecamatan setempat.