Komisi 9 DPR Minta Pemrov Jateng Cek Keaktifan BLK
LAPORAN SL. GAHARU
Senin, 14/05/2018, 01:08:04 WIB

Dewi Aryani (tengah) dan Anggota Komisi 9 lainnya saat kunjunagan kerja di Pemrov Jawa Tengah (Foto: Dok/DeAr)

PanturaNews (Semarang) - Komisi 9 DPR RI melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Jawa Tengah (Jateng), dan melakukan pertemuan dengan Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko dan SKPD serta lembaga terkait di ruang rapat Gubernur Jawa Tengah di Semarang, Senin 14 Mei 2018.

Anggota DPR RI Komisi 9 Fraksi PDI Perjuangan, DR. Dewi Aryani, MSi yang dihubungi PanturaNews melalaui telepon mengatakan, kunker ke Gubernur Jawa Tengah dimaksudkan menjalan kan fungsi pengawasan DPR, terhadap pelaksanaan peraturan Perundang-undangan dalam lingkup tugas Komisi 9.

“Juga punya tujuan untuk memetakan permasalahan masyarakat, dan memonitor pelaksanaan program Kementrian, lembaga mitra kerja Komisi 9 di Provinsi Jawa Tengah. Selanjutnya untuk menyerap aspirasi masyarakat terkait proses legislasi dan perumusan kebijakan pemerintah pusat, tentunya yang berkaitan dengan bidang tugas kami,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Politisi yang berangkat ke Senayan dari Dapil Jawa Tengah IX (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes) ini, menjelaskan pihaknya memberi masukan kepada Plt Gubernur Jawa Tengah, agar secara berkala mengunjungi rumah sakit- rumah sakit yang ada di wilayah Jawa Tengah.

“Hal itu supaya permasalahan mereka terkait claim BPJS Kesehatan maupun masalah lain, dapat diantisipasi lebih cepat,” terang DeAr.

Sedangkan terkait ketenagakerjaan, Komisi 9 menyarankan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, agak melakukan pengecekan BLK yang ada agar segera diberdayakan dan diaktifkan kembali perannya.

“Salah satu BLK di Kabupaten Tegal yang pernah saya sidak, kondisinya tidak berfungsi atau tidak difungsikan,” tegas DeAr.

Komisi 9 DPR RI juga meminta dilakukan pengawasan kepada perusahaan-perusahaan, agar dilakukan lebih intensif terutama terkait dengan kewajiban perusahaan-perusahaan memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan kepada karyawannya.

Hadir pada kunker Komisi 9 DPR RI di ruang rapat Gubernur Jawa Tengah diantaranya Pejabat SKPD Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Provinsi Jawa Tengah, BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Direktur RSUP Dr. Kariadi Semarang, Kepala Balai Besar POM Semarang, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Kepala BP3TKI Jawa Tengah dan PT Kubota Indonesia Semarang.