Usulan Pemekaran Brebes Diserahkan ke Gubernur
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN
Senin, 30/04/2018, 06:53:12 WIB

Presidium pemekaraan melakukan rapat persiapan untuk mengawal penyerahan usulan Pemekaran Kabupaten Brebes ke Gubernur (Foto: Dok/JAR)

PanturaNews (Brebes) - Berkas usulan pemekaran Kabupaten Brebes, hari ini Senin 30 April 2018 sesuai rencana akan diserahkan Bupati Brebes ke Gubernur Jawa Tengah. Ikut mengawal penyerahan berkas Pemekaran Kabupaten Brebes Warsito Eko Putro Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Brebes.

Perlu diketahui, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan hasil Laporan Akhir Kajian Daerah Rencana Pemekaran Wilayah Kabupaten Brebes, oleh Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, menyatakan bahwa enam Kecamatan di Kabupaten Brebes bagian Selatan, yakni Bumiayu, Tonjong, Sirampog, Paguyangan , Bantarkawung dan Salem, berpotensi layak menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

Sekretaris Presidium Pemekaran Jefry Arsya Robby mengatakan, pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Brebes dengan agenda Pemekaran Kabupaten Brebes dengan hasil semua fraksi menyetujui Pemekaran Kabupaten Brebes.

"Presidium Pemekaran Kabupaten Brebes merekomendasikan kepada Bupati Brebes untuk segera menindak lanjuti Pemekaran Kabupaten Brebes kepada Gubernur Provinsi Jawa Tengah karena semua Persyaratan sudah terpenuhi baik persyaratan dasar maupun persyaratan administrasi," katanya.

Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Brebes, Imam Sntoso menyatakan, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Brebes yang telah menindak lanjuti proses Pemekaran Kabupaten Brebes ke Gubernur Provinsi Jawa Tengah.

"Selanjutnya berharap DPRD Provinsi Jawa Tengah untuk secepatnya menggelar Sidang Paripurna dengan Agenda Pemekaran Kabupaten Brebes," katanya.

Bersamaan penyerahan usulan pemekaran kepada Gubernur Jawa tengah, Presidium Pemekaran Kabupaten Brebes juga mengirim surat kepada Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah dan Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah untuk Audiensi dengan Agenda Pemekaran Kabupaten Brebes di Gedung Berlian DPRD Provinsi Jawa Tengah dan mengagendakan Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah ke Bumiayu.

"Kami juga kirim surat ke Ketua DPRD Jawa Tengah untuk audiensi pemekaran dan permohonan kunker ke Bumiayu," kata Imam.