Soal Minimnya Irigasi Jadi Catatan Penting DeAr
LAPORAN SL. GAHARU
Rabu, 07/02/2018, 12:59:01 WIB

Dewi Aryani meninjau langsung soal irigasi yang dikeluhkan petani di persawahan Suradadi (Foto: Rio)

PanturaNews (Tegal) - Keluhan petani di wilayah pantura Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, saat Dengar Pendapat dengan antara warga dengan Anggota DPR RI Komisi 9 Fraksi PDI Perjuangan, DR Dewi Aryani, MSi di Rumah Aspirasi Dewi Aryani di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu 07 Februari 2018, ditindak lanjuti dengan peninjauan langsung ke persawahan.

Dewi Aryani dan rombongan turun langsung ke persawahan di wilayah pantura Suradadi, dan melakukan dialog langsung dengan petani soal kurangnya irigasi. Pada kunjungan itu, politisi PDI Perjuangan yang berangkat ke Senayan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IX (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes), menemukan bahwa persawahan di sepanjang pantura Suradadi ternyata banyak yang tidak ada saluran irigasinya.

“Ternyata banyak sawah di pantura Suradadi yang tidak ada saluran irigasinya. Jadi jika musim kemarau, untuk kebutuhan air, petani terpaksa harus beli,” tutur Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Dari keluhan petani yang diserapnya, pada musim kemarau petani secara kelompok harus menyewa pompa air untuk mengambil air dari dalam tanah. Untuk menyewa pompa air dan bahan bakar, petani mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

“Pengeluaran biaya untuk sewa pompa air dan bensin, tentunya akan mengurangi pendapatan petani. Persoalan ini harus kita carikan solusinya,” tegas wanita paling berpengaruh di Indonesia versi Globe Asia ini.

Karenanya, persoalan irigasi di persawahan wilayang pantura Kabupaten Tegal, menjadi catatan penting. Menurut Dewi, persoalan ini terjadi karena belum meratanya pembangunan di bidang pertanian.

"Sebagai wakil rakyat, saya dan tim akan memperjuangkan semua yang di sampaikan warga dan petani melalui mekanisme yang berlaku. Saya akan minta penjelasan ke dinas-dinas terkait, serta akan melakukan koordinasi untuk mengatasi persoalan irigasi," tutur Dewi Aryani.