15 Parpol Kota Tegal MS Jadi Calon Peserta Pemilu 2019
LAPORAN SL. GAHARU
Jumat, 02/02/2018, 08:36:24 WIB

Sekretaris Gerindra Kota Tegal, Sisdiono Ahmad (atas) dan Sekretris NasDem, Aris Soseno menerima hasil verifikasi (Foto: Gaharu)

PanturaNews (Tegal) - Sebanyak 14 partai politik (Parpol) yang berkedudukan di Kota Tegal, Jawa Tengah, 4 diantaranya adalah parpol baru dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) menjadi calon peserta Pemilu Tahun 2019.

“Lolosnya 15 parpol pasca Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut, memenuhi syarat menjadi calon peserta Pemilu Tahun 2019, setelah dilakukan verifikasi kepengurusan dan keanggotaanya,” ujar Ketua KPU Kota Tegal, Agus Wijonarko, SH usai penyampaian hasil verifikasi factual di Pesona Hotel Jalan Gajah Mada Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat 02 Februari 2018 pukul 14.00 WIB.

Diterangkan, ke 15 parpol yang MS adalah PDI Perjangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PKB, PKS, PPP, Partai NasDem, Partai Hanura, PBB. Sedangkan parpol baru yang lolos verifikasi adalah Partai Perindo, Partai Garuda, PSI dan Partai Berkarya.

Untuk tahapan selanjutnya, menurut KPU Agus Wijonarko, adalah penetapan Daerah Pemilihan (Dapil). Untuk Kota Tegal dibagi menjadi 4 Dapil yaitu Dapil Tegal Timur, Dapil Tegal Barat, Dapil Margadana dan Dapil Tegal Selatan. Namun dengan mengacu kepada jumlah penduduk, untuk kuota kursi DPRD yang diperebutkan ada Dapil yang berkurang dan ada Dapil yang bertambah.

“Dapil Tegal Barat yang pada Pemilu lalu punya kuota 8 kursi, berkurang menjadi 7 kursi. Sementara Dapil Margadana yang sebelumnya punya kuota 6 kursi, bertambah menjadi 7 kursi. Sedangkan untuk Dapil Tegal Timur tetap 9 kursi, dan Dapil Tegal Selatan juta tetap 7 kursi,” jelas Agus Wijonarko yang didampingi komisioner lainnya, H. Thomas Budiono.

Lebih lanjut dikatakan Agus Wijonarko, sebelum jumlah kuota kursi DPRD ditetapkan, pihaknya akan melakukan uji public. Uji public akan dilakukan hingga Selasa 13 Februari 2018.