Demo: Bulog Dituntut Stabilkan Harga Bawang
LAPORAN NINO MOEBI
Jumat, 12/01/2018, 06:01:33 WIB

Petani bawang merah Brebes menggelar demo di Kantor Bulog di Kota Tegal (Foto: Nino Moebi)

PanturaNews (Tegal) - Puluhan orang yang mengatasnamakan Aliansi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggerudug Kantor Perum Bulog Sub Divre Pekalongan yang berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono Kota Tegal, Jumat 12 Januari 2018 pukul 10.30 WIB.

Dengan menggunakan kendaraan bak terbuka, Gapoktan Brebes menggelar aksi dengan membentangkan berbagai spanduk dan orasi di halaman kantor Bulog. Dalam orasinya, para petani minta ada jaminan harga bawang merah tingkat terendah Rp 15.000 supaya petani tidak merugi.

Bulog diminta segera bekordinasi dengan kementrian terkait melakukan penyerapan, mengingat sedang musim penghujan bawang merah rentan busuk. Penyimpanan bawang merah massal, karena membludaknya panen raya yang berdampak pada harga jatuh.

Kepala Perum Bulog Sub Divre Pekalongan, Muhson menyampaikan, pihaknya menyambut kedatangan Gapoktan Brebes. Pada prinsipnya, Bulog memiliki tugas memastikan ketersediaan pangan, jangkauan dan stabilisasi.

Terkait itu, Bulog sudah berupaya mengantisipasi. Pada 2017/2018 melakukan pembelian gudang di Kecamatan Wanasari, Klampok dan sudah mengurus adminitrasinya.

"Hari ini Jumat (12/01/2018) Bulog melakukan penyerapan dan akan terus dilakukan sesuai kebutuhan dengan target 10 ton untuk dikirim segera ke Jakarta.

Usai berdialog dengan Bulog, aksi Gapoktan dikawal ketat dari jajaran aparat keamanan Polres Tegal Kota, hingga membubarkan diri dengan tertib.