Preman Bawa Sajam Berkeliaran di Alun-Alun
Laporan Takwo Heriyanto
Rabu, 06/12/2017, 10:34:48 WIB

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di sekitar Alun-alun Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengadu ke Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat, Rabu 6 Desember 2017.

Laporan itu dilakukan menyusul adanya preman yang kerap mengganggu mereka berjualan, terutama pada saat malam hari. Apalagi, keberadaan preman yang kerap mengganggu itu, ada yang membawa senjata tajam (sajam).

"Mereka kadang suka memeras para PKL di sekitar Alun-alun Brebes dengan membawa sajam untuk menakut-nakuti. Kadang juga suka mabuk-mabukan dan sering berbuat onar," ujar Ketua Paguyuban PKL Alun-alun Brebes, Sutrisna saat mendatangi Kantor Satpol PP Brebes.

Selain itu, kata Sutrisna, keberadaan pengamen jalanan yang suka memaksa meminta uang, juga kerap kali membuat para pengunjung terganggu.

"Kalau masalah ini tidak diatasi, jelas akan membuat para pengunjung yang datang untuk sekadar beristirahat, atau yang akan menikmati makanan yang dijajakan para PKL, enggan datang kembali," ucapnya.

Menyikapi hal itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Brebes, Budi Darmawan mengaku para anggotanya sudah sering berpatroli di sejumlah tempat strategis, salah satunya Alun-alun.

Pihaknya berjanji akan menindaklanjuti pengaduan para pedagang kaki lima alun-alun, demi terciptanya rasa aman bagi masyarakat Brebes, khususnya para pengunjung Alun-alun.

“Kami berterimakasih kepada para pedagang yang telah melaporkan ke kami. Tentu kami akan langsung koordinasikan dengan pihak terkait untuk menindaklanjuti laporan ini,” paparnya.