Perhutani Pancang Pal Batas Lahan Maribaya
Laporan Zaenal Muttaqin
Rabu, 06/12/2017, 05:24:58 WIB

Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat bersama Pemkab Brebes melakukan pemancangan pal batas lahan Dukuh Maribaya Desa Kalinusu Bumiayu (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat bersama Pemkab Brebes, Jawa Tengah, melakukan pemancangan pal batas dalam rangka penyelesaian sengketa tanah kawasan hutan di Dukuh Maribaya Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu, Rabu 06 Desember 2017.

Administratur (Adm) Perum Perhutani KPH Pekalongan Barat, Ir Setiawan MM mengatakan, pemancangan pal batas dilakukan setelah ada kesepakatan bersama dengan Pemkab Brebes. Batas kawasan hutan dengan tanah Hak Guna Usaha (HGU) sudah benar sesuai hasil pengukuran bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Departeman Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Perhutani Divre Jawa Tengah.

"Pengukuran sudah dilakukan, sehingga saat ini kita lakukan pemancangan pal batas," katanya.

Pemancangan pal batas tepatnya dilakukan di Tanah Kawasan Hutan Petak 3a, e dan 8a RPH Kalinusu BKPH Bantarkawung. Selanjutnya Pemkab Brebes akan melakukan pembaharuan sertifikat tanah di Blok Kalinusu Dukuh Maribaya.

"Adanya pemancangan ini maka tidak ada lagi permasalahan batas lagi," ungkap Setiawan.

Kepala Desa Kalinusu, Khaeroni yang ikut serta menyaksikan pemacanan batas mengaku lega selesainya persoalan tersebut. Adanya pemancangan pal batas akan memperjelas bagi warga yang selama ini telah menggarap lahan Perhutani tersebut.

"Sekarang sudah jelas mana batas antara tanah Perhutani dengan tanah HGU Pemkab Brebes," katanya.

Selanjutnya diharapkan meski sudah ada pemancangan pal batas, lahan tetap dapat digarap untuk kesejahteraan warga Maribaya. Mengingat selama ini perekonomian warga bergantung dari hasil menggarap lahan milik Perhutani Tersebut.

"Meski itu milik Perhutani diharapkan juga dapat mendukung kesejahteraan warga yang ada di sekitarnya," pungkas Khaeroni.

Pemancangan pal batas juga disaksikan oleh pejabat dari Dinas Peternakan Brebes dan Perencanaan Kawasan Pemukiman (Perwaskim) Brebes. Pemancangan pal batas juga dibuat berita acara yang ditandangani oleh pihak Perhutani dan Pemkab Brebes serta lainnya.