Dewi: Pemerintah Punya Kiat Tanggulangi Bencana
Laporan SL Gaharu
Minggu, 03/12/2017, 06:57:16 WIB

Ilustrasi bencana banjir

PanturaNews (Jakarta) - Badai Siklon Tropis Cempaka yang terjadi pada 27 November 2017 lalu, membuat terjadi bencana banjir bandang dan tanah longsor, dampak dari cuaca extreme yang ditandai dengan terjadinya peningkatan tingginya gelombang laut dan angin kencang.

Beberapa daerah seperti Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sleman, Jawa Tengah, serta Yogyakarta.

“Pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sedang melakukan berbagai upaya semaksimal mungkin untuk menanggulangi bencana tersebut. Saya yakin pemerintah sudah punya pengalaman dan kiat untuk menanggulangi bencana yang terjadi saat ini," kata Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Dr. Dewi Aryani, Minggu 03 Desember 2017.

Politisi yang berangkat ke Senayan dari Dapil Jawa Tengah 9 (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes), menjelaskan bahwa Indonesia ini, merupakan negara tropis dan rawan bencana. Karena itu, banyak gunung berapi aktif, serta cuaca pada musim hujan juga perlu selalu diwaspadai.

"Jadi ini menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menjaga lingkungan dan sumber daya alam di wilayah masing-masing," tegas Dewi Aryani saat dihubungi melalui telepon.