Ghautsun-Muslih Serahkan Berkas Dukungan ke KPU
Laporan Tim PanturaNews
Rabu, 29/11/2017, 06:57:13 WIB

Ghautsun-Muslih menyerahkan berkas dukungan (atas), petugas KPU menghitung berkas dukungan (Foto: Nino Moebi)

PanturaNews (Tegal) - Pasangan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Tegal, H. Ghautsun, S.Sos - H. dr. Muslih mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Jawa Tengah, sebagai calon Independent atau Perseorangan pada Pilkada Kota Tegal 2018 dengan menyerahkan persyaratan dukungan, Rabu 29 November 2017 siang.

Dikawal sekitar 300 tim dan pendukungnya, H. Ghautsun, S.Sos - H. dr. Muslih menyerahkan berkas persyaratan dukungan pasangan, dan diterima Ketua KPU Kota Tegal, Agus wijanarko SH didampingi komisioner KPU Dra. Siti Mudrikah, Elvi Yuniarni SH, Drs Thomas Budiono dan Arisandi Kurniawan, SPd.

Dalam sambutanya, Ketua KPU Kota Tegal, Agus Wijanarko mengatakan penyerahan berkas dukungan ini akan mengawali pesta demokrasi 5 tahunan yang nanti akan dipilih oleh masyarakat.

“Harapan kami nantinya mereka yang ditetapkan akan mampu membawa Kota Tegal lebih baik, dan calon perseorangan ini akan mendapat hasil yang baik sesuai dengan kerja kerasnya selama ini,” ujarnya.

Ketua KPU meminta kepada masyarakat Kota Tegal, untuk ikut mengawasi proses verifikasi berkas yang diserahkan. Menurutnya, jangan sampai ada identitas palsu yang diserahkan.

“Namun kami sangat yakin berkas yang diserahkan sudah dipersiapkan dengan baik, sehingga nantinya dapat mempermudah pekerjaan tim verifikasi. KPU tidak akan mempersulit, sepanjang dokumen yang ada sesuai dengan aturan,” tutur Agus Wijanarko.

Sementara H. Ghautsun yang akrab disapa Jigo mengatakan bahwa dalam menyampaikan aspirasi dari warga Kota Tegal, dia menyerahkan persyaratan dukungan sebagai calon perseorangan.

Menurutnya, dukungan bisa menggunakan kolektif dan perseorangan. Timnya sudah memproses selama dua tahun sebelum ada aturan perubahan. Namun sejak ada perubahan peraturan, maka berkas sebagian dijadikan kolektif.

Dijelaskan, dari 30.100 dukungan setelah diverifikasi secara internal mencapai 22.500, sisanya tidak sempat diverifikasi khususnya di Tegal Timur.

“Kami melakukan verifikasi secara internal selama 3 bulan terakhir. Total dukungan yang kami bawa ke KPU sejumlah 30.068 KTP, baik koletif maupun perseorangan,” terang Jigo.

Lebih lanjut dikatakan, dukungan 30.068 KTP tersebar di 4 kecamatan. Dari 10 persen DPT terakhir yang disyaratkan KPU, pihaknya berhasil memperoleh 14,9 persen dengan rincian Kecamatan Tegal Barat 5.834 dukungan, Tegal Timur 6.324 dukungan, Tegal Selatan 8.084 dukungan dan Kecamatan Margadana 9.826 dukungan.

Penyerahan berkas persyaratan dilakukan secara simbolis oleh balon perseorangan Walikota dan Wakil Walikota, H. Ghautsun, S.Sos - H. dr. Muslih, dan dilanjutkan dengan penghitungan berkas persyaratan oleh KPU Kota Tegal.