Idza Raih Penghargaan Sebagai Tokoh Imunisasi MR
Laporan Takwo Heriyanto
Senin, 13/11/2017, 10:11:53 WIB

Hj Idza Priyanti dengan piagam penghargaan imunisasi MR (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti, SE, MH meraih penghargaan sebagai tokoh yang telah berjasa dalam pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) tahun 2017. Penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah tersebut, dikarenakan Idza Priyanti mampu memobilisasi masyarakat sasaran imunisasi.

"Saya hadir disetiap kesempatan Imunisasi, sehingga anak-anak yang mau di imunisasi tidak ketakutan," ujar Idza, usai upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Brebes di alun-alun Brebes, Senin 13 November 2017.

Menurut Idza, sebelum dia mengunjungi tempat-tempat penyelenggaraan imunisasi di berbagai tempat banyak anak-anak yang ngumpet ketakutan. Namun dengan kegigihan seluruh petugas kesehatan dan dibantu dari para kader kesehatan anak-anak yang tadinya ke takutan kembali mendatangi tempat-tempat imunisasi.

“Alhamdulillah, setelah saya datang di tempat acara imunisasi rasa ketakutan anak-anak hilang,” tuturnya.

Dengan kegigihan semua pihak, lanjut Idza, akhirnya pemberian imunisasi Measless Rubella (MR) untuk anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun di Kabupaten Brebes telah melampaui target.

Dari target Nasional 95 persen, ternyata di Kabupaten Brebes sudah 99,96 persen atau 446.620 orang dari seluruh jumlah anak usia 9-15 tahun sebanyak 446.787 anak.

Idza merasa bangga dengan kegigihan para petugas dan relawan imunisasi MR, karena bisa mencapai 99,96 persen per 15 Oktober 2017. Penghargaan ini, hakekatnya bukan milik saya pribadi tetapi untuk masyarakat Brebes, tandasnya.

Idza dinyatakan memiliki komitmen kuat dalam mewujudkan eliminasi campak dan mengendalikan penyakit rubella serta kecacatan bawaan akibat rubella (Congenital Rubella Syndrome) di Indonesia pada tahun 2020. Sehingga langkah maksimal dilakukan pemerintah Kabupatyen Brebes dalam pencapaian target imunisasi MR.

Menurutnya, hidup sehat adalah hak setiap anak. Apalagi Kabupaten Brebes sudah mendapatkan predikat Kabupaten Layak Anak. Maka kesehatan anak Kabupaten Brebes pun harus mendapatkan perhatian serius.

Imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia, khususnya anak-anak Brebes dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan. Kita ingin mewujudkan anak Indonesia yang sehat dan berkualitas di kemudian hari, tandasnya.

Upacara hari kesehatan nasional tingkat Kabupaten Brebes diikuti juga Wakil Bupati Narjo SH, Sekda Brebes Emastoni Ezam, Forkopimda, Kepala OPD, jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, para pelajar dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga memberikan hadiah berbagai lomba yang digelar dalam rangka HKN ke-53 tahun 2017.