Pos Polisi Didirikan di Flyover untuk Antisipasi Kecelakaan
Laporan Zaenal Muttaqin
Senin, 13/11/2017, 04:53:38 WIB

Pos Polisi didirikan di dekat Flyover Kretek mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang belakangan kerap terjadi sejak Flyover tersebut difungsikan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Satlantas Polres Brebes, Jawa Tengah, mendirikan sebuah Pos Polisi di dekat Flyover Kretek di jalan nasional ruas Tegal-Purwokerto, jalur Kecamatan Paguyangan. Pendirian pos dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang belakangan kerap terjadi sejak Flyover tersebut difungsikan.

"Pendirian Pos Polisi untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan," ujar Kasatlantas Brebes Brebes AKP M Rikha Zulkarnain melalui Kaposlantas Bumiayu Aiptu Triwantoro, Senin 13 Npvember 2017.

Menurutnya, sebenarnya marka jalan yang memanjang tanpa putus di Flyover Kretek sudah mengaturnya menjadi jalur lambat. Meski begitu, karena sering kali dilanggar oleh pengemudi dan menimbulkan banyak kecelakaan, sehingga didirikan pos untuk pengawasan.

"Agar para pengendara atau sopir lebih berhati-hati, karena biasanya sopir ketika melihat pos polisi menjadi lebih tertib berlalu lintas," kata Triwantoro.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya kecelakaan di Flyover Kretek, saat kondisi hujan. Hal ini, kata dia, menyebabkan kondisi jalan menjadi licin dan kendaraan rawan tergelincir atau mengalami slip ban.

Jumlah personil akan disiagakan di pos sebanyak dua atau tiga orang. Penempatan personil akan dibantu dari personil lantas Kantor Samsat Bumiayu.

"Kita juga akan dibantu personil dari lantas Samsat Bumiayu di Pagojengan untuk memudahkan dalam menyiagakan personil," tandas Triwantoro.

Perlu diketahui, sejak difungsikan pada akhir Agustus 2017 lalu, tercatat ada 17 kejadian kecelakaan lalu lintas. Beberapa diantaranya terjadi hanya dalam jangka waktu beberapa menit dan jam saja.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan investigasi ke Flyover Kretek belum lama ini. Investigasi dilakukan karena banyaknya kecelakaan yang terjadi di jalur vital penghubung antara jalur Pantura dengan jalur selatan pulau Jawa.

Sebelumnya juga direncakan akan dipasang barrier pemisah jalur kanan dan kiri. Pemasangan barrier dimaksudkan untuk mencegah kendaraan mendahului atau mengambil jalur lawan.

Pasalnya, kecelakaan yang selama ini terjadi banyak disebabkan kendaraan yang melaju mendahului kendaraan lainnya dengan kecepatan yang tinggi.

Barrier pemisah jalur akan dipasang sepanjang Flyover dan di dua ujungnya. Adanya barrier akan menuntun pengendaraan tetap pada jalurnya dan tidak menyalip kendaraan lain.