Dewi: Kader Ikut Jadi Agen Informasi Program Pemerintah
Laporan SL Gaharu
Minggu, 08/10/2017, 04:24:41 WIB

Dewi Aryani pada sosialisasi KB di Lapangan SMPN 13 Tegal Barat, Kota Tegal (Foto: Erin)

PanturaNews (Tegal) - Dalam mendukung program pemerintah berupa Keluarga Berencana (KB), kader PDI Perjuangan adalah pasukan utama di lapangan yang harus ikut mensukseskan program pemerintah. Program pemerintah yakni programnya Jokowi, maka kader juga harus ikut mendukung.

Hal itu dikatakan Anggota Komisi 9 DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, DR. Dewi Aryani, MSi pada sosialisasi KB kerjasama BKKBN pusat dan BKKBN Jawa Tengah dengan Event Organizer (EO) PT Stars Yudhatama, di Lapangan SMP Negeri 13 Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah, Minggu 08 Oktober 2017 siang.

“Kader PDI Perjuangan juga punya tugas, yaitu ikut menjadi agen informasi program pemerintah, sehingga program Pak Jokowi sampai ke bawah, betul-betul terserap masyarakat,” tutur Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr yang menjadi nara sumber sosialisasi KB dengan mengangkat tema Komunikasi, Informasi dan Edukasi tentang BKKBN (KIE BKKBN).

Hadir pada sosialisasi BKKBN sekitar 200 kader PDIP dari tingkat Anak Ranting, Ranting, PAC Kecamatan Tegal Barat danpengurus DPC PDIP Kota Tegal, kader Posyandu dan Karang Taruna. Hadir juga Ketua DPRD Kota Tegal yang juga Ketua DPC PDIP Kota Tegal, H Edi Suripno, SH,MH beserta istri, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Diah Triastuti SH.

Dikatakan politisi PDIP yang berangkat ke Senayan dari Dapil Jawa Tengah 9 (Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes), 2 anak cukup dan pentingkan gizi dan pendidikannya agar dapat menjadi generasi penerus yang berkualitas. Saat ini di era globalisasi, dituntut kompetensi yang tinggi untuk bisa bersaing di segala bidang.

“Karenanya penting anak-anak calon generasi mendatang disiapkan sejak dalam kandungan, agar kelak menjadi generasi yang berkualitas. Generasi berkualitas merupakan fondasi membangun negara yang kuat," ujar DeAr.

Perkembangan program KB saat ini, lanjut Dewi Aryani, bukan saja untuk menurunkan angka kelahiran, tetapi mewujudkan bonus demografi yang berkualitas, dan generasi berkualitas masa depan. Kuncinya adalah kesejateraan keluarga atau ekonominya baik, tidak ada kekerasan dalam rumah tangga dan pendidikan anak-anak terpenuhi.

Sementara Ketua DPC PDIP Kota Tegal, H Edi Suripno, SH,MH dalam sambutanya mengatakan dengan adanya sosialisasi yang digelar BKKBN bersama Dr Dewi Aryani bisa didapat pengetahuan tentang KB. Sosialisasi program KB yang kelihatanya sangat kecil, tapi ini sangat penting untuk pengetahuan.

“Dari pengetahuan yang kita dapat, karena kita sudah terlanjur punya anak lebih dari dua, bisa kita sampaikan buat anak-anak kita, tetangga atau saudara kita,” ujarnya.

Pada acara talk show yang disampaikan DR. Dewi Aryani dan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Bambang Sudjatmiko terjadi dialog dan Tanya jawab dari para peserta. Acara diakhiri dengan pemberian bantuan dari Dewi Aryani kepada kader-kader PDIP berupa biscuit kesehatan untuk anak sekolah, dilanjutkan dengan pemberian doorprize untuk para undangan.