Kembangkan Ekonomi, Brebes Diharapkan Miliki PLUT
Laporan Takwo Heriyanto
Rabu, 03/05/2017, 12:08:44 WIB

Bupati Idza Priyanti foto bersama dengan Sekretaris Kementerian Koperasi & UKM Ir Agus Muharram MM dan narasumber lainnya.(Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Untuk mengembangkan perekenomian, diharapkan Kabupaten Brebes memiliki Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). Dari PLUT bisa bersinergi dengan berbagai macam pelaku usaha maupun jenis usaha yang terhimpun dari Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM).

Demikian disampaikan Sekretaris Kementerian Koperasi & UKM Ir Agus Muharram MM saat membuka Forum Koordinasi dan Sosialisasi Program Strategi Bidang Restrukturisasi Usaha, di Hotel Grand Dian Jalan Jenderal Sudirman Brebes, Selasa 2 Mei 2017.

Pembentukan PLUT KUMKM, kata Agus, untuk menjawab kebutuhan akan koordinasi, sinkronisasi dan akselerasi peran pemberdayaan KUMKM.

“Dengan adanya PLUT KUMKM, diharapkan terjadi akselerasi peningkatan produktivitas dan daya saing KUMKM di daerah,” ucapnya.

Lewat PLUT KUMKM juga bisa merangkul berbagai pihak untuk bersinergi mengoptimalkan sumberdaya agar bekerja secara berkelanjutan mewujudkan KUMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Nantinya, kementerian menyediakan konsultan PLUT KUMKM sesuai kompotensinya.

Agus memandang, Brebes memiliki trademark yang kuat seperti telor asin, batik, brexit, dan terletak dijalur pantura yang juga pintu gerbang Jawa Tengah. “Brebes juga memiliki jumlah penduduk dan luasan wilayah yang sangat potensial,” tandasnya.

Pertemuan ini, kata Agus, untuk mendapatkan informasi dan sosialisasi terhadap permasalahan KUMKM antara lain tentang keterbatasan permodalan, sumber daya manusia, manajemen, legalitas (IUMK) dan pendampingan serta pemasaran produk KUMKM.

Penguatan kelembagaan KUMKM, sambungnya, kementerian bersama Pemkab akan memfasilitasi iUMK dengan cepat dan mudah melalui camat yang kedudukannya disetarakan dengan SIUP dan Akta Notaris bagi Koperasi secara gratis.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti menyambut baik uluran kerjasama Kementerian Koperasi dan UKM dengan merangkul KUMKM Brebes. Hal ini sejalan dengan program Pemkab Brebes yang bertekad meningkatkan perumbuhan ekonomi.

“Saat ini, Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Brebes mencapai 5,7 persen yang berarti lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi provinsi maupun nasional,” ungkapnya.

Idza menyakini, dengan kerja keras dan berdirinya PLUT akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Brebes hingga mencapai 6 persen.

Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno menilai, Kabupaten Brebes sangat potensial untuk maju sebagai pintu gerbangnya Jawa Tengah. Terlihat masyarakatnya sangat egaliter dan pekerja keras. Apalagi setelah didukung pembangunan infrastruktur yang bagus. Sehingga akses Jakarta – Brebes bisa ditempuh dalam hitung jam.

Teguh juga menyikapi pengaruh jalan tol yang telah merenggut UMKM tidak bisa laris seperti tahun tahun sebelum adanya jalan tol. Untuk itu, Teguh Juwarno telah memanggil PT Waskita sebagai pengelola jalan tol untuk membangun rest area khusus bagi UMKM.

Teguh juga memuji para pelaku usaha yang memiliki kebebasan individual bila dibandingkan dengan Pegawai Negeri yang terbatas karena aturan kerja. “Pengusaha bisa memiliki kebebasan individu yang bisa meningkatkan daya juang untuk peningkatan perekonomiannya,” tandas Teguh.