Jumat, 08/10/2021, 21:46:57
Ketua HA IPB DPC Tegal Raya: Subsidi Pupuk Menguntungkan Pabrik
LAPORAN JOHARI

Dr Tafakurrozak

PanturaNews (Tegal) – Dr Tafakurrozak, dipilih secara aklamasi sebagai Ketua DPC Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB), cabang Tegal Raya, dalam Musyawarah Besar (MUBES) di Hotel Riez Palace, Jumat 08 Oktober 2021, periode 2021-2025.

Usai terpilih sebagai ketua DPC HA IPB, peneliti masalah pangan di Lembaga Pengkajian Pengelolaan Sumber Daya Alam Nasional (LPPSDAN) Doktor Tafakurrozak, mengatakan problem yang dihadapi petani adalah kelangkaan pupuk bersubsidi. Padahal dalam pengadaan pupuk bersubsidi yang lebih diuntungkan adalah pabrik pupuk bukan petani. Sedangkan subsidi pupuk sebesar 30 triliun satu tahun, digelontorkan ke pabrik.

“Giliran petani akan beli pupuk bersubsidi alasannya kosong, yang ada pupuk non subsidi. Bisa saja mereka hanya ganti karung saja. Saya juga pernah mengusulkan lebih baik subsidi disalurkan langsung ke petani melalui pendampingan,” kata Dr Tafakurrozak alumni IPB tahun 89 atau Angkatan 26 dari fakultas Kehutanan.

  

Ketua himpunan alumni DPC kota Tegal terpilih Tafakurrozak menjelaskan dalam masa kepemimpinannya, ia akan lebih fokus pada Kemandirian dan kedaulatan pangan yang ada di Tegal dan sekitarnya.

"Kemudian himpunan alumni IPB juga akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota dan Kabupaten Tegal karena banyak alumni yang mempunyai kompetensi di bidang pertanian ketahanan pangan," ujar Rozak.

Lebih lanjut Rozak mengatakan, bersama alumni IPB Tegal Raya, Rozak, juga ingin mengembangkan komoditi pangan meliputi dari bidang pertanian, perikanan maupun peternakan. Kota dan Kabupaten Tegal memiliki potensi tiga hal tersebut untuk dikembangkan lebih maksimal.

"Komoditi pangan merupakan komoditi strategis. Termasuk nilai untung yang didapat sangat luar biasa bagi petani maupun peternak jika mau dioptimalkan. Jadi jangan menganggap dan memandang rendah komoditi pangan, justru komoditi tersebut merupakan komoditi yang selalu dibutuhkan masyarakat," tandasnya.

Sementara Ketua Umum HA IPB Jawa Tengah Bimo W Widodo yang hadir secara virtual mengatakan sangat mengapresiasi dengan adanya perkembangan di daerah untuk membentuk cabang-cabang alumni IPB.

"Saya sangat mendukung, agar apapun kegiatan, informasi atau apapun tentang alumni, bisa tersampaikan di daerah-daerah," ujarnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita