Kamis, 16/09/2021, 14:46:53
Warga Antusias Ikuti Vaksinasi Massal DPC PDI Perjuangan
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Tri Murdiningsih (kedua dari kanan) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar DPC PDI Perjuangan Brebes, di Desa Kalijurang (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Brebes Jawa Tengah, kembali menggelar program vaksinasi massal, Kamis 16 September 2021. Kali ini vaksinasi digelar di Desa Kalijurang Kecamatan Tonjong, yang disambut antusias warga sehingga semula ditarget 400 vaksin bertambah menjadi 600 vaksin lebih.

Wakil Ketua Bidang Kesehatan dan Kewanitaan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes, Hj Tri Murdiningsih MPsi Psikolog mengatakan, vaksinasi massal dilakukan dalam rangka membantu pemerintah untuk mempercepat Herd Imun masyarakat Kabupaten Brebes.

"Kita membantu pemerintah untuk mengatasi wabah Covid-19 ini dengan vaksinasi agar imun warga baik dan menibgkat sehingga kebal dari virus Corona," ujarnya saat memantau jalannya vaksinasi.

 

Menurutnya, vaksinasi massal yang diprakarsai anggota DPR RI Hj Paramitha Widya Kusuma SE MM itu mendapat sambutan positif dari warga dan berbondong-bondong mendatangi tempat vaksinasi yang dilaksanakan di Gedung NU Kalijurang dan aula dekat kediaman Kepala Desa Kalijurang. Semula disiapkan 400 dosis vaksin, tapi karena banyaknya warga yang datang akhi4nya ditambah 200 dosis lagi.

"Awalnya disiapkan 400 dosis vaksin, tapi peminatnya terus bertambah sehingga ditambah lagi 200 dosis, jadi 600 dosis totalnya," ungkap Tri, yang juga anggota DPRD Brebes asal Paguyangan ini.

Dikatakan, kegiatan vaksinasi gratis ini bentuk kepedulian PDI Perjuangan terhadap kesehatan masyarakat untuk melawan virus Covid-19. Disamping itu program vaksin ini sebagai wujud nyata bahwa PDI Perjuangan hadir ditengah-tengah masyarakat.

Sebelum divaksin, warga yang hadir diperiksa terlebih dulu kesehatannya. Warga yang akan divaksin juga tetap diminta menjaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan.

"Vaksinasi ini juga dalam rangka untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok agar penyebaran Covid-19 bisa kita hambat, dan juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam pemulihan ekonomi pasca krisis pandemi Covid-19," jelas Tri.

Kepala Desa Kalijurang, H Edy Riyanto mengatakan, tingkat kesadaran warganya cukup tinggi melakukan vaksinasi. Sehingga saat ini lebih dari 70 peraen warganya sudah divaksin.

"Jumlah warga Kalijurang hampir 12 ribu jiwa, yang usia di atas 12 tahun ada 8.000 jiwa dan ada 70 persen yang telah divaksin," katanya.

Warga sangat antusias, bahkan sejak pagi sekira pukul 06.00 WIB warga sudah datang mendaftar untuk vaksin, sementara vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIB. Vaksinasi massal dilakukan dengan bantuan tenaga vaksinator dari Puskesmas Tonjong.

Kepala Puskesmas Tonjong, Sri Mulyani yang memimpin langsung pelaksanaan vaksinasi membenarkan, kesadaran warga Kalijurang cukup tinggi untuk m3lakukan vaksin. Bahkan dari semua desa yang ada di wilayah kerjanya Kalijurang ranking pertama dalam pencapaian jumlah warga yang divaksin.

"Kalijurang ini tertinggi warga yang telah divaksin, termasuk kelompok lansianya juga paling banyak yang telah vaksin. Pencapaiannya sudah 70 peraen yang telah divaksin," ungkapnya.

Dikatakan, untuk vaksinasi massal hari ini yang semula hanya 400 dosis, ditambah menjadi 600 dosis. Bahkan terakhir mencapai 606 orang yang divaksin.

"Terakhir didata hari ini divaksin ada 606 orang," pungkas Mulyani.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita