PanturaNews (Brebes)…?>"> PanturaNews - "Brebes Kembali Level 4, DPRD Dorong Maksimalkan Vaksinasi" | LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

PanturaNews (Brebes)…" />

Selasa, 14/09/2021, 11:57:17
Brebes Kembali Level 4, DPRD Dorong Maksimalkan Vaksinasi
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Tri Murdiningsih, anggota DPD Brebes dari Fraksi PDI Perjuangan di sela-sela kegiatan rapat (Foto: Dok. Zaenal M)

"Sangat memperihatinkan kita kembali ke Level 4, dan ini satu-satunya di Jawa Tengah,"

PanturaNews (Brebes) - Setelah sempat turun ke Level 3 PPKM dan menjadi zona oranye, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kembali naik Level 4. Kenaikan level ini diduga penyebabnya karena masih rendahnya vaksinasi warganya.

Menyikapi ini, anggota DPRD Brebes, Hj Tri Murdiningsih MPsi Psikolog mengatakan, berdasarkan Inmendagri nomor 42 tahun 2021 tentang penetapan PPKM, Brebes ini satu-satunya kabupaten di Jawa Tengah yang naik ke Level 4.

"Sangat memperihatinkan kita kembali ke Level 4, dan ini satu-satunya di Jawa Tengah," ujarnya, Selasa 14 September 2021.

Menurut anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan dan duduk di Komisi II ini, indikator kenaikan ke Level 4 diantaranya masih rendahnya capaian vaksinasi warga, baik untuk warga usia lanjut (lansia) maupun masyarakat umum.

"Capaian vaksinasi kita masoh rendah sehingga pantas kalau kemudian kembali ke Level 4," kata Tri.

Dikatakan, vaksinasi Covid-19 selama ini dilakukan oleh puskesmas, sehingga sangat terbatas. Vaksinasi ini merupakan tanggung jawab selurih elemen masyarakat, sehingga pihak lain yang terkait agar dilibatkan untuk mendongkrak capaian vaksinasi.

"Terutama Rumah Sakit (RS) perlu dilibatkan untuk pelaksanaan vaksinasi masyarakat secara umum," kata Tri anggota DPRD dari Dapil 2 Brebes (Bumiayu, Paguyangan, Sirampog dan Tonjong) ini.

Disebutkan, RSUD dan RS swasta yang ada di Kabupaten Brebes perlu dilibatkan untuk pelaksanaan program vaksinasi. RS dapat menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) sesuai dengan tata aturan manajemen RS.

"Selama ini RSUD dan RS swasta hanya melakukan vaksinasi pada tenaga kesehatan dan pegawai yang ada di RS tersebut, belum ke masyarakat umum," ungkap Tri.

Tri menambahkan, capaian vaksinasi di Brebes rendah karena selama ini hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas yang terbatas tenaganya. Sementara selain vaksinasi Puskesmas juga memiliki program lain sebagai sesuai tugas dan fungsinya sebagai pusat kesehatan masyarakat.

"Puskesmas banyak program kesehatan lainnya, sehingga perlu melibatkan RS untuk vaksinasi," pungkasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita