Senin, 13/09/2021, 13:20:38
Inilah Tips Meningkatkan Kegemaran Membaca Pada Anak
Oleh: Irgi Setyawan

DEWASA ini, kurangnya minat anak untuk membaca menjadi persoalan yang sangat dikhawatirkan. Anak lebih terfokus kepada hal-hal yang menurut mereka lebih menarik daripada membaca.

Persoalan tersebut semestinya memberikan motivasi bagi orang tua untuk lebih berusaha keras meningkatkan kegemaran membaca pada anak. Apalagi saat ini kita berada di era serba teknologi, mestinya dengan kemajuan teknologi seperti adanya gawai membuat mereka dimudahkan untuk bisa mencari bahan bacaan untuk dibaca.

Namun, faktanya banyak anak yang lebih suka memanfaatkan teknologi untuk bersenang-senang saja. Hal tersebut  harus menjadi perhatikan bagi kita untuk bisa merubah kebiasaan anak.

Anak beranggapan bahwasanya membaca itu membosankan, mereka lebih tertarik dengan permainan-permainan yang terdapat pada gawai yang dapat mereka mainkan. Perlu diketahui, membaca merupakan gerbang dan kunci kesuksesan.

Dengan membaca bisa meningkatkan kemampuan berpikir anak, menambah wawasan anak, melatih fokus anak, serta anak dapat menyelesaikan masalah secara rasional. Manfaat tersebut bisa diperoleh apabila anak terus konsisten melakukan kegiatan membaca.

Mendidik anak untuk rajin membaca bukanlah pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan rangsangan yang tepat agar anak mau membaca buku, orang tua dan guru juga harus memberikan perhatian serta dorongan agar anak gemar membaca buku. Proses untuk meningkatkan kegemaran membaca tidak bisa dilakukan dengan mudah, perlu tahapan-tahapan agar anak suka dalam membaca.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kegemaran membaca pada anak:

Pertama, mulai membaca dari topik yang anak sukai. Topik sangat berpengaruh untuk menumbuhkan rasa dalam membaca. Ketika anak sudah suka dengan bahan bacaan yang mereka baca, pastinya akan menimbulkan rasa suka dan ketagihan untuk membaca secara terus-menerus. Misalnya, anak menyukai bahan bacaan yang bertema hewan-hewan, kita bisa memberikan bacaan yang bertema hewan pula.

Kedua, buatkan jadwal membaca. Jadwal membaca sangat penting untuk meningkatkan kegemaran membaca. Buatkan jadwal yang tidak memberatkan anak serta tidak memaksakan anak, karena anak tidak suka dipaksa untuk melakukan sesuatu hal.

Oleh karena itu, tentukan waktu yang tepat agar anak bisa membaca. Misalnya, berikan waktu 20-30 menit pada sore hari atau malam hari untuk mereka bisa membaca, apabila anak sudah membaca setiap hari pastinya menimbulkan kebiasaan membaca.

Ketiga, mulai dari bacaan yang ringan. Jangan terlalu memaksakan memberikan bacaan denan tema bacaan yang berat. Bahan bacaan yang ringan serta mudah dimengerti akan membuat anak menemukan makna dari bahan bacaan yang di baca. Sehingga, akan menimbulkan rasa suka pada kegiatan membaca dan anak akan merasa membaca bukanlah hal yang membosankan.

Keempat, memotivasi anak untuk selalu semangat dalam membaca. Bukanlah hal yang mudah untuk membuat anak semangat dalam membaca, ketika mendengar kata membaca anak akan berpikir bahwa membaca ialah hal yang membosankan. Sehingga motivasi sangat dibutuhkan dalam upaya meningkatkan kegemaran membaca anak.

Misalnya, ketika anak enggan untuk membaca, kita bisa memberikan dorongan agar anak bisa mulai membaca, walaupun pada awalnya mereka terpaksa pasti lama-lama akan terbiasa.

(Irgi Setyawan adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Peradaban di Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tinggal di Warung Gintung, Desa Wanatirta, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Brebes. Ia hoby menulis artikel opini, dan dimuat di media offline maupun online. Tlp: 0852-2532-1636, Facebook: Irgi setiawan, Instagram: Irgi_Setyawan28, email: Irgisetyawan28@gmail.com)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita