Sabtu, 04/09/2021, 18:54:05
Di Era Industri 4.0, Fikri: Pintar Saja Tak Cukup, Harus Bisa Berinovasi
LAPORAN SL. GAHARU

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. H. Abdul Fikri Faqih memberikan Kuliah Umum di Politeknik Trisila Darma Tegal. (Foto: Dok)

PanturaNews (Tegal) - Sivitas akademika perguruan tinggi harus bisa kolaborasi untuk kemajuan dirinya dan daerahnya. Diera industri 4.0, menuntut orang untuk berinovasi agar bisa eksis di tengah persaingan yang makin ketat.

Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dr. H. Abdul Fikri Faqih pada Kuliah Umum di Politeknik Trisila Darma Tegal, Jumat 03 September 2021.

“Kami mendorong kolaborasi sejumlah pihak dalam rangka membangun daerah,” ujar Politisi PKS dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kota/Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes ini.

Dalam kuliah yang dihadiri mahasiswa baru dan beberapa mahasiswa yang sudah menempuh beberapa semester, Fikri menyebutkan mengenai pentahelix dalam pembangunan daerah. Unsur dalam pentahelix tersebut adalah akademisi, pelaku bisnis, pemerintah, masyarakat, dan juga media.

“Sivitas akademika perguruan tinggi atau manapun di antara kelima unsur tersebut, harus bisa kolaborasi untuk kemajuan dirinya dan daerahnya,” terang Fikri.

Lebih lanjut Fikri mengingatkan, bahwa saat ini kita telah memasuki era industri 4.0 yang menuntut orang untuk berinovasi, agar bisa eksis di tengah persaingan yang semakin ketat.

“Orang pintar saja tidak cukup, harus dilengkapi kemampuan menciptakan sesuatu yang baru, berbeda dan dirasakan manfaatnya. Simpelnya, ideas are your only currency,” tegasnya.

Lebih lanjut Fikri menyampaikan, agar siap bekerja, mengabdi dan berwirausaha di era disrupsi sekarang ini, anak-anak muda harus menjadi sosok-sosok yang berilmu, taat pada agama, dan soft skill yang mumpuni.

“Saat ini pemerintah mulai memberi perhatian pada dunia vokasi, juga di bidang ekraf dengan mencanangkan Indonesia Hebat,” sebut Fikri.

Lesempatan ini, lanjut Fikri, memberi ruang bagi orang-orang yang berkemampuan dalam bidang teknologi untuk sukses di masa yang akan datang. Ia berharap, kelak para mahasiswa mampu mengembangkan dirinya, serta berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk pembangunan daerah.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Prayitno, Direktur Politeknik Trisila Darma yang menyampaikan apresiasinya kepada Dr. H. Abdul Fikri Faqih yang memberikan bimbingan kepada mahasiswanya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita