Rabu, 25/08/2021, 01:27:26
Selama PPKM, Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Tegal Turun
LAPORAN JOHARI

Kasat Lantas AKP Bagas

PanturaNews (Tegal) – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), baik PPKM Darurat maupun PPKM Level 4 di Kota Tegal, Jawa Tengah, mempunyai multi fungsi. Selain untuk menekan penularan Covod19 juga mampu menekan angka kecelakan lalu lintas (Laka Lantas). Hal itu dikatakan Kasat Lantas Polres Tegal Kota AKP Aryanindita Bagasatwika Mangkoesoebroto, Selasa 24 Agustus 2021.

Menurutnya  sebelum masa PPKM atau di bulan Juni 2021 tercatat ada 19 kasus laka lantas dengan 21 korban luka ringan.

"Sedangkan selama Juli saat diberlakukan PPKM tercatat hanya ada 11 kasus dengan 9 korban luka ringan, dan tidak sampai ada korban meninggal dunia," kata AKP Bagas, panggilan Aryanindita Bagasatwika Mangkoesoebroto, ditemui di ruang kerjanya di Mapolres Tegal Kota, Selasa 24 Agustus 2021.

Ditegaskan penurunan kasus laka lantas tersebut dipengaruhi oleh pembatasan mobilitas masyarakat selama PPKM.  Salah satu upaya pendukungnya, dengan adanya penutupan dan penyekatan jalan yang diberlakukan selama PPKM, baik PPKM darurat maupun Level 4.

"Selain ada puluhan jalan yang ditutup atau disekat sejak awal PPKM, yang terbaru kita menambahkan penutupan akses menuju Alun-alun setiap pukul 18.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB. Sedangkan khusus Minggu pukul 06.00 WIB-09.00 WIB," katanya.

Dibanding tahun 2020 lalu, lanjut Bagas, untuk periode Januari-Juli 2020, total ada 141 kasus laka lantas. Sementara di bulan Juli 2020 saja ada 22 kasus.

"Sedangkan di tahun 2021, Januari-Juli ada 137 kasus atau menurun dibandingkan periode yang sama dibanding tahun 2020 lalu. Meskipun tingkat fatalitas ada kenaikan dengan 17 korban meninggal dunia," kata Bagas.

Bagas pun mengimbau, agar masyarakat selalu memperhatikan peraturan lalu lintas saat berkendara untuk mencegah terjadinya pelanggaran maupun kecelakaan.

"Kita juga berkolaborasi dengan Polsek-polsek seperti untuk melakukan patroli di jam rawan mengantisipasi adanya balap liar. Sambil berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menambah CCTV," kata Bagas.

Ditambahkan Bagas, tidak hanya mengutamakan keselamatan berlalu lintas, masyarakat juga diajak untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tengah Kota Tegal kembali memperpanjang PPKM Lebel 4 hingga akhir Agustus mendatang.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita