Minggu, 18/04/2021, 17:03:00
Inilah Amalan Sunah yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadhan
Oleh: Divana Anis Sabilla

...sunnah yang bisa kita lakukan selama bulan puasa untuk menambah pahala...

PUASA merupakan rukun islam yang keempat hal ini sudah kita pelajari sejak kita duduk dibangku SD dimana kita mempelajari bahwa rukun islam yang keempat adalah menunaikan ibadah puasa.

Ibadah puasa wajib kita laksanakan karena berpuasa di bulan ramadhan hukumnya adalah wajib bagi mereka yang beragama islam, dewasa, sehat jasmani maupun rohani serta sedang tidak berhalangan untuk menjalankan ibadah puasa tersebut ataupun ibadah yang lainnya.

Puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja, namun puasa diharapkan mampu untuk melatih dan menjaga kesabaran kita serta yang paling penting adalah menahan nafsu. Baik itu nafsu amarah, nafsu untuk makan dan minum, nafsu syahwat dan masih banyak nafsu yang lainnya.

Fungsi dari berpuasa sendiri, adalah supaya kita bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang yang kurang mampu yang hanya bisa makan di waktu malam saja, setelah ia bekerja keras untuk mencari rejeki. Oleh karenanya kita patut bersyukur, karena kita bisa makan lebih dari satu kali, kita bisa memilih hendak makan apa.

Puasa di bulan ramadhan kurang afdol jika kita tidak mengerjakan amalan sunah yang bisa menambah pahala puasa. Kita harus memanfaatkan bulan puasa ini dengan berlomba-lomba untuk mencari kebaikan dan keberkahan, karena setiap amalan baik kita di bulan puasa akan dilipat gandakan pahalanya. Lantas apa saja amalan sunnah di bulan puasa?

Berikut adalah beberapa amalan sunnah yang bisa menmbah pahala kita di bulan puasa:

-1. Bersahur di waktu akhir

Makan sahur merupakan makan yang dilakukan pada saat malam atau dini hari, biasanya santap sahur dilaksanakan pada jam 2 atau setengah 3 pagi. Namun waktu sahur yang di sunnahkan adalah pada jam jam mendekati imsak.

Karena jika kita bersantap sahur di jam jam mendekati imsak, kita bisa melaksanakan ibadah sholat subuh, dibandingkan dengan mereka yang bersahur lebih awal dan setelah sahur mereka melanjutkan tidur merea.

-2. Tidak menunda waktu berbuka puasa

Berbeda dengan sahur yang disunnahkan untuk bersahur di akhir, berbuka puasa disunahkan untuk cepat membatalkan puasa dan tidak menunda waktu berbuka puasa.

Maksud dari cepat membatalkan puasa dan tidak menunda waktu berbuka puasa, yaitu jika telah dikumandangkannya adzan maghrib tanda waktu berbuka puasa, kita harus segera membatalkan puasa kita dengan meminum air putih terlebih dahulu.

-3. Berbuka dengan yang manis-manis

Kita pasti sudah tak asing lagi dengan sunnah ini, karena nabi Muhammad SAW menyegerakan berbuka dengan 3 buah kurma. Oleh karena itu kita disunnahkan untuk berbuka dengan yang manis-manis seperti kurma atau manisan yang lainnya.

-4. Membaca doa berbuka puasa

Mengawali berbuka puasa dengan membaca doa puasa adalah sunnah, karena dalam ajaran agama islam kita diwajibkan untuk mengawali dan mengakhiri kita dengan bacaan doa.

-5. Menahan dari ucapan dan perilaku yang tidak baik

Selain menahan dari rasa haus dan lapar pada bulan puasa kita juga harus menahan ucapan atau lisan kita dari kata kata yang tidak baik, oleh karena itu dalam berpuasa kita dilatih untuk bersabar.

-6. Memperbanyak sedekah

Sunnah yang berikutnya adalah bersedekah. Jika kita bersedekah di bulan ramadhan pahala kita akan dilipat gandakan. Misalkan kita bersedekah RP 1.000 maka sama halnya kita bersedekah Rp10.000

-7. Bertadarus dan menghatamkan Al-Quran

Membaca dan menghatamkan Al-Quran merupakan sunnah yang bisa kita lakukan untuk menambah pahala kita selama bulan puasa. Dimana dengan kita membaca 1 huruf saja, kita mendapatkan pahala.

Begitulah sunnah yang bisa kita lakukan selama bulan puasa untuk menambah pahala kita, semoga kita bisa melaksanakan ibadah puasa dengan baik dan lancar.

(Divana Anis Sabila adalah Mahasiswa semester 4 Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita