Kamis, 08/04/2021, 21:20:00
Peran Media Sosial Dalam Penyebaran Informasi
Oleh: Latanzi Dzikrillah

...memungkinkan berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu...

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, mampu mengubah pola kehidupan masyarakat dalam hal pemenuhan informasi. Segala informasi dapat menyebar dengan cepat, dan penyebarannya sulit dikontrol.

Tidak dapat dipungkiri saat ini manusia telah dimanjakan dengan kecanggihan teknologi, bahkan manusia saat ini sudah sangat ketergantungan dengan alat-alat teknologi yang ada saat ini. Mulai dari hadirnya smartphone yang dibekali kecanggihan yang setiap waktu makin meningkat.

Dan dengan adanya internet, maka muncullah media sosial dan smartphone menjadi alat komunikasi yang paling banyak digunakan oleh manusia pada saat ini.

Perkembangan media massa dalam era digital sekarang ini dirasa terhubung dengan kegiatan masyarakat dalam mencari informasi, apalagi kelebihan teknologi yang memudahkannya untuk mengikuti perkembangan zaman.

Keterkaitan teknologi dan komunikasi menjadikan media massa (terutama elektronik dan online) menjadi warna baru dalam mengakses segala informasi yang diperlukan oleh masyarakat. Beragam media mulai dari media cetak, elektronik bahkan media sosial.

Media Sosial adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Media sosial juga merupakan saluran penyampaian pesan dan informasi yang dibutuhkan penggunanya, dengan media sosial yang terhubung ke internet, pengguna bisa memperoleh informasi apa saja, dimana saja dan kapan saja.

Dengan adanya media sosial, penggunanya bisa mendapatkan informasi pada saat suatu peristiwa terjadi. Media sosial seakan menghilangkan batasan jarak dan waktu dalam proses penyebaran informasi berlangsung

Media Sosial memiliki peranan penting dalam penyebaran informasi bagi masyarakat di semua bidang. Dalam bidang bisnis media sosial dapat dijadikan sebagai media promosi online dimana orang-orang dapat mengunjungi tautan yang berisi informasi mengenai produk dan lain-lain.

Dalam bidang pariwisata media sosial bisa juga dijadikan sebagai media promosi interaktif di bidang pariwisata mengenai informasi perjalanan wisata, maupun paket wisata. Di bidang keagamaan media sosial bisa dijadikan sebagai sarana penyebaran informasi, dan pembelajaran Islam seperti pengembangan dakwah.

Di bidang kesehatan media sosial bisa dijadikan sarana penyebaran informasi dalam hal konsultasi kesehatan maupun informasi kesehatan. Dan pada bidang politik,  biasanya media sosial digunakan sebagai kampanye politik untuk penyebaran informasi yang lebih efektif.

(Latanzi Dzikrillah Mahasiswi semester 4 Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita