Kamis, 08/04/2021, 16:38:09
Disaat Panen Raya di Indramayu, Harga Jual Gabah Capai 4200/Kg
LAPORAN RESMAN S

Petani padi senang karena disaat panen raya harga gabah cukup tinggi. (Foto: Dok/Resman)

PanturaNews (Indramayu) - Angin segar untuk petani padi di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Disaat panen raya dan produksi melimpah, harga pasaran gabah jenis padi Ciherang mencapai Rp. 4200 per kg.

“Harga pasaran gabah ini membuat petani senang,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, Ir .Takmid kepada PanturaNews di kantornya Jalan Veteran Indramayu, Kamis 8 April 2021.

Dijelaskan, luas areal sawah milik petani di Indramayu yang sudah di panen  terhitung bulan Maret 2021 sekitar 37.000 hektar. Gabah hasil panen yang di hasilkan petani dalam luas satu hektar rata-rata 7 ton.

“Luas areal tanaman padi umur tanaman bervariasi, ada umur tanaman satu bulan yang rusak karena serangan banjir pada bulan Pebruari dan Maret 2021,” ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, lanjutnya, berbagai lokasi tercatat sekitar 6000 hektar yang gagal panen karena kena banjir, seperti Kecamatan Kandanghaur, Losarang, Widasari, Krangkeng Bangodua, Lohbener dan Kecamatan Centigi.

Ketika disinggung soal petani kekurangan pupuk, dikatakan dia bahwa Dinas Pertanian sudah berusaha mencukupi kebutuhan pupuk untuk petani.

“Kami sedang melakukan penelitian lapangan, agar kebutuhan pupuk untuk petani tersedia,” tutur Takmid.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita