Rabu, 07/04/2021, 21:37:10
Jadi Unggulan, Dispora Brebes Gelar Coaching Clinic Pelatih Gulat
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Coaching clinic pelatih gulat tingkat dasar di Gedung Olahraga (GOR) Sasana Adhi Karsa Brebes. (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah, melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat, menggelar coaching clinic pelatih gulat tingkat dasar, di Gedung Olahraga (GOR) Sasana Adhi Karsa Brebes, Rabu 7 April 2021.

Kepala Dispora Kabupaten Brebes melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraha, Fajar Adi Widiarso mengatakan, tujuan diadakannya coaching clinic pelatih gulat adalah untuk meningkatkan prestasi olahraga. Yakni untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia untuk para pelatih. 

"Cabang olahraga (cabor) gulat ini adalah salah satu olahraga keunggulan di Kabupaten Brebes. Kita mengapresiasi olahraga gulat yang sudah punya nama dan banyak prestasi," ujar Adi.

Tidak hanya gulat, kata Adi, tahun kemarin juga mengadakan coaching clinic senam yang juga merupakan cabor unggulan. Menurutnya, untuk peserta coaching clinic pelatih gulat adalah para guru olahraga dan pelatih gulat di Kabupaten Brebes.

"Jumlah pesertanya ada 50 orang. Ada yang dari guru PJOK, guru SMP-SMA/sederajat juga para pelatih club gulat," jelas Adi.

Diharapkan para pelatih gulat bisa berperan dalam meningkatkan prestasi olahraga melalui coaching clinic dan akan dilisensikan sebagai pelatih lisensi c. Hal itu, lanjut Adi, searah dengan grand desain keolahragaan juga pembinaan bagi para pelatih.

"Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya para pelatih gulat, bisa menambah para atlet gulatnya. Jadi, segi kompetitifnya sangat maksimal.

Pada prinsipnya, imbuh Adi, pihaknya ingin menciptakan atlet-atlet gulat dan pelatih. Tidak ada tim yang hebat dan atlet yang hebat. Yang ada adalah atlet yang terlatih atau tim yang terlatih.  Maka dari itu kita wujudkan hal-hal seperti itu.

"Ini juga merupakan satu indikator di bidang pemuda dan olahraga untuk mewujudkan para pelatih berlisensi di Kabupaten Brebes," pungkasnya.

Hadir sebagai pemateri Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes, Fajar Adi Widiarso,Ketua Umum PGSI Jawa tengah, Andreas Budi Wiroharjo. Hadir juga Ketua Umum KONI Kabupaten Brebes, Ahmad Zaeni, Bidang Pembinaan dan Prestasi, Juwadi, Ketua Umum PGSI Kabupaten Brebes, Winaryo.

Selain itu, Andreas Budi Wiroharjo (Ketua Pengprov PGSI Propinsi Jawa Tengah), Ukky Juli Setyawan, (Pemateri Tehnik Dasar Gulat), Rubiyanto Hadi (Pemateri Menyusun Program Latihan Gulat).

Kemudian, Dr. Siti Baitul Mukarromah, S.Si, M.Si.Med (Pemateri Gizi Olahraga Gulat),  Boedi Siswanto, (Pemateri Program Latihan Fisik Gulat ), Edy Suwarko, S.Pd (Pemateri Talent Scouting, Pengenalan Gulat Sebagai Olahraga Prestasi dan Sistem Pertandingan Gulat ) serta Abdul Kholiq,  (Pemateri Perwasitan Pertandingan Gulat).


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita