Rabu, 07/04/2021, 14:34:19
Timbulkan Kepercayaan Diri Melalui Perawatan Fisik
Oleh: Mia Audina

... penilain fisik selalu memberatkan setiap wanita...

Ketidakpercayaan diri sering terjadi pada seseorang, terutama pada kaum wanita yang memang memiliki setiap ruang untuk di cela. 

Hal yang menyebabkan seorang tidak percaya diri pun bermacam-macam bentuknya seperti bentuk tubuh, wajah berjerawat, masalah warna kulit dan masih banyak lagi penilain fisik yang selalu memberatkan setiap wanita. Sehingga dari penilai-penilaian tersebut tibullah rasa kurang percaya diri dari seseorang, padahal setiap orang memiliki nilai keunikannya sendiri.

Terlalu banyak menilai keburukan diri sendiri juga tidak baik bagi kesehatan maupun pola pikir seseorang. Ada baiknya kita mulai memperbaiki dengan cara perawatan diri.

Perawatan diri juga termasuk bentuk penunjang rasa percaya dari dalam diri seseorang. Lebih tepatnya agar bisa memperbaiki penilai seseorang yang tadinya buruk menjadi motivasi bagi mereka. Perawatan diri tersebut antara lain:

-1. Perawatan wajah, sering kali seseorang dipusingkan dengan masalah wajah dari wajah berjerawat, kusam, hitam dan berminyak. Itu semua membuat seorang makin tidak percaya diri tampil dimuka umum. Solusi terbaik adalah dengan cara merawat wajah dengan skin care yang cocok, dan tidak perlu skin care yang mahal untuk membantu merawat wajah.

Skin care yang murah, aman dan berBPOM juga masih banyak dijual di toko swalayan terdekat. Untuk skin care wajah bisa menggunakan produk cuci muka, kemudian memakai air mawar setelah memcuci muka dan gunakan serum sesuai kebutuhan wajah selanjutnya pakaikan pelembab.

Lakukan hal ini secara rutin agar bisa mendapatkan kulit yang sehat dan dapat terhindar dari jerawat. Untuk kulit remaja jika ada jerawat di wajah merupakan hal normal karena tubuh secara otomatis mengeluarkan racun melalui jerawat.

-2. Prawatan kulit, untuk perawatan kulit yang sangat umum dilakukan adalah memakai bodylotion namun itu saja tidak cukup. Gunakan lulur sebelum mandi, 2 kali seminggu sehingga dapat membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit. Mandi rutin 2 kali sehari juga dapat membantu melembabkan kulit dengan alami sehingga kulit tidak kering.

Jika ingin berpergian maka gunakan sunscreen atau tabir surya, meskipun kulit asia memang sudah memiliki pigmen melanin yang cukup kuat untuk menahan sinar UV masuk dalam kulit kita. Namun apa salahnya jika kita menambahkan perlindungan ekstra pada tubuh kita.

Hal paling penting disini adalah perawatan kulit yang baik untuk kulit jenis orang asia, adalah bukan untuk memutihkan secara cepat tapi merawat kulit secara tepat agar tetap sehat dan lembab.

Perlu diketahui kalau orang indonesia itu memiliki kulit sawo matang yang berbeda dengan kulit orang luar negeri yang rata-rata memiliki kulit putih jadi, tolong kurangin pemikiran bahwa kulit putih adalah sumber kecantikan terbaik untuk standar orang Indonesia ya karena, menjadi berbeda itu berharga.

-3. Perawatan tubuh dengan berolahraga dan konsumsi makanan yang sehat. Selain makan dan minum olahraga adalah hal penting yang dapat membantu merawat tubuh, lakukan olahraga yang menurut kalian nyaman dengan durasi meningkat setiap harinya. Misal hari ini olahraga 5 menit, maka mulai besok durasi olahraga juga harus di tambah 2-3 menit.

Untuk pemula lakukan olahraga 2 kali seminggu agar tidak terjadi kontrakasi berlebih pada otot-otot tubuh. Untuk yang sudah terbiasa maka lakukan setiap hari untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan sehat. Olahraga tersebut bisa berupa lari santai mengelilingi komplek, senam dan yoga lakukan yang menurut kalian paling nyaman.

Selain olahraga aspek makanan juga penting. Makan sayuran/buah-buahan di malam hari dapat memperlancar BAB di pagi hari, ketika makan mankanan kaya protein dan tinggi serat di pagi dan siang hari, dapat membantu menghasilkan energi yang cukup sehingga dapat melakukan aktifitas pekerjaan dengan semangat.

Merawar diri memang tidaklah mudah namun jika dilakukan secara kosisten dapat menjadi kebiasaan baik yang tidak dapat ditinggalkan. Selain itu merawat diri adalah hal yang wajib jika seseorang perduli dan sayang pada diri mereka sendiri.

Jadi kurangilah rasa tidak percaya diri dengan cara merawat diri dan lebih membuka pola pikir agar tidak terlalu tertekan pada posisi kecatikan yang pada umumnya memiliki kulit putih, tinggi, langsing karena setiap orang mempunyai posi kecantikan yang berbeda-beda.

(Mia Audina adalah Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita