Selasa, 06/04/2021, 21:16:06
Mengenal Peringatan Hari Nelayan Nasional
Oleh: Latanzi Dzikrillah

.... penetapan hari nelayan nasional menjadi sangat strategis....

HARI Nelayan Nasional diperingati setiap tanggal 6 April, dan untuk tahun ini Hari Nelayan diperingati untuk ke-61 kalinya. Peringatan Hari Nelayan telah ditetapkan pada tahun 1960 lalu sejak pemerintahan orde baru.

Hari Nelayan Nasional diperingati sebagai bentuk mengapresiasi jasa para nelayan Indonesia, yang telah menjadi salah satu aset nasional dalam perekonomian nasional. Juga mengapresiasi jasa para nelayan Indonesia, dalam upaya pemenuhan kebutuhan protein dan gizi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Indonesia termasuk salah satu negara maritim, disebut negara maritim karena sebagian besar wilayah Indonesia berupa lautan. Didasari oleh keadaan geografis Indonesia yang diapit oleh dua samudera, yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik.

Luasnya perairan di Indonesia ini menjadikan potensi perikanan sangat besar. Oleh karena itu banyak masyarakat Indoenesia yang bermata pencaharian sebagai nelayan dan menggantungkan hidupnya pada sumber hasil laut.

Nelayan adalah suatu kelompok masyarakat yang kehidupannya tergantung hasil laut, baik dengan cara melakukan penangkapan atau budi daya. Dalam perstatistikan perikanan perairan umum, nelayan adalah orang yang melakukan penangkapan ikan di perairan umum. Di Indonesia para nelayan biasanya bermukim di daerah pinggir pantai atau pesisir laut.

Tujuan adanya Peringatan Hari Nelayan Nasional, adalah untuk mengapresiasi jasa nelayan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Rasa pengingat untuk bersyukur atas kesejahteraan hidup yang diberikan. Pendorong memajukan kesejahteraan nelayan.

Tradisi perayaan hari nelayan nasional di Indonesia biasanya diperingati dengan upacara yang diisi dengan tarian tradisional, dan pelepasan sajen ke laut berupa benih ikan, benur (bibit udang), dan tukik (anak penyu), dengan harapan agar hasil tangkapan nelayan semakin meningkat.

Karena dengan adanya Indonesia menjadi poros maritim dunia, serta laut menjadi masa depan bangsa, maka penetapan hari nelayan nasional menjadi sangat strategis dan menjadi suatu keharusan untuk direalisasikan.

Selain itu penetapan hari nelayan sekaligus memberikan penghargaan dan pengakuan terhadapan nelayan, meningkatkan awrness terhadap nelayan, meningkatkan kesejahteraan nelayan, meningkatkan pendidikan, serta penguasaan dan penerapan teknologi bagi nelayan.

Mari sejahterkan nelayan Indoenesia, Selamat Hari Nelayan Nasional.

(Latanzi Dzikrillah adalah Mahasiswi semester 4 Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita