Selasa, 06/04/2021, 14:00:03
Tingkatkan Kualitas Diri Melalui Bahasa Asing
Oleh: Indah Purwati

....belajar bahasa asing memang tidak mudah....

BELAJAR bahasa asing untuk saat ini memang sangat diperlukan, agar seseorang dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang apapun. Selain untuk berkomunikasi, belajar bahasa asing juga bisa mempermudah kita untuk melakukan perjalanan di kancah internasional. Untuk sekarang bahasa yang memiliki pengaruh besar bagi dunia internasional, adalah bahasa inggris.

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang hampir diketahui oleh banyak penduduk di muka bumi. Berlajar bahasa inggris memang tidak lah mudah dari cara pernounciation ( pengucapan), vocabulary (kosa kata) dan grammar (struktur bahasa) harus benar-benar di perhatikan agar tidak terjadi miskomunikasi.

Walaupun belajar bahasa asing cukup sulit apa lagi dilakukan ketika orang itu sudah memasuki usia 17 tahun ke atas dan bukan merupakan bahasa keseharian seseorang namun, dibalik itu semua jika seseorang mampu mengusai bahasa asing terutama bahasa inggris mereka akan mendapatkan banyak adventage  seperti: bisa memudahkan seseorang ketika ingin traveling ke luar negeri, bisa melakukan bisnis berbasis internasional, dan bisa membaca petunjuk dari pemakaian suatu benda dari produk asing.

Selain itu keuntungan lainnya adalah kita dapat menambah teman dari berbagai belahan dunia dan dapat memperlajari sebuah budaya yang mereka gunakan sehari-hari. Itu baru satu bahasa asing bayangkan jika seseorang mampu mengusai bahasa asing lainnya yang juga berpengaruh besar bagi dunia seperti bahasa Mandarin, Jerman, Korea dan masih banyak lagi.

Dari keterbisaan seseorang menguasai bahasa asing tentu ada effort atau upaya yang dilakukan mereka. Upaya-upaya tersebut tentu berbeda-beda ada yang melalui pendidikan bahasa asing secara formal, belajar otodidak dan ada beberapa orang yang memang terlahir dari ras campuran atau orang Indonesia lebih sering menyebut mereka dengan istilah bule. Dari upaya tersebut maka dapat membuat seseorang mampu dan mengerti dalam memahami bahasa asing.

Umumnya untuk seseorang yang tidak tahu bahasa inggris dan ingin menpelajarinya, agar memudahkan mereka dalam segala aspek yang berhubungan dengan bahasa inggris ada beberapa tips agar mereka dapat mempelajarinya secara mandiri atau otodidak yaitu:

Pertama, bisakan indra pendengaran dan pengucapan kita mendengar bahasa asing setiap hari entah itu melalui lagu maupun belajar mengucapkan benda-benda di rumah menggunakan bahasa inggris seperti table (meja), door (pintu) window (jendela) maka secara tidak langsung mereka akan belajar dua aspek terpenting dalam bahasa inggris yaitu listening (mendengarkan) dan speaking (berbicara).

Kedua,membaca tulisan bahasa inggris. Meskipun agak terlihat sulit namun ini bisa sangat membantu seseorang memahami setiap isi cerita, untuk pemula bisa gunakan google translite untuk mentranslite beberapa kata-kata yang sulit untuk dipahami.

Ketiga, biasakan melakukan percakapan kecil menggunakan bahasa inggris bisa dengan patner atau dengan diri sendiri melalui cermin. Untuk orang yang tidak mengerti ini akan terlihat aneh namun metode ini juga sering digunakan oleh mahasiswa jurusan Bahasa Inggris untuk lebih meningkatkan pemahaman tentang bahasa asing dan meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Belajar bahasa asing memang tidak mudah dan harus dilakukan secara terus menerus agar tidak lupa. Namun hal ini harus dilakuakan untuk memudahkan diri bisa bersaing secara nasional dan internasional.

Belajar bahasa asing juga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas seseorang baik dalam dunia kerja maupun dalam hal berbisnis.

(Indah Purwati adalah Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita