Minggu, 28/03/2021, 09:29:55
Musik Klasik Menjadi Teman Belajar di Masa Pandemic Covid-19
Oleh: Rizka Putri Ranbulan

...ketika saya stress dan mulai bosan dengan belajar, saya mendengarkan berbagai jenis musik...

SEJAK pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia pada tahun 2020 hingga saat ini, banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Seperti pembelajaran di rumah atau daring yang terjadi di wilayah Indonesia.

Pembelajaran dirumah atau daring di mulai dari satu tahun yang lalu tepatnya bulan Maret 2020. Ketika pembelajaran daring di lakukan, banyak sekali masalah yang terjadi pada siswa-siswi dan para mahasiswa. Mulai dari masalah yang kecil hingga masalah yang besar.

Misalnya ketika para pelajar diberikan tugas yang begitu banyak sedangkan mahasiswa kurang memahami materi tersebut, itu sangat membuat mahasiswa merasa kurang nyaman dan kebingungan.

Apalagi peran orang tua yang harus mengingatkan tugas kepada anak nya, sedangkan anaknya tidak mengerti materi apa yang telah sampaikan oleh pengajarnya dan harus bagaimana cara mengerjakan tugasnya agar bisa terselesaikan.

Selain tugas yang banyak, biasanya para pengajar memberikan deadline kepada mahasiswa, tujuan dari deadline tersebut supaya mahasiswa mengerjakan  tugas  tepat waktu. Sedangkan waktu yang diberikan pun cukup cepat sehingga tidak jarang mereka merasakan keteteran hingga stress. Sehingga banyak pelajar merelakan waktu istirahat mereka untuk mengerjakan tugas-tugasnya.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan stress karena tugas, salah satunya adalah mendengarkan music. Mendengarkan musik memiliki banyak manfaat seperti membangkitkan semangat, menjadi motivasi dalam belajar dan  menghilangkan stress.

Sejak zaman dahulu, manusia sudah mengenal apa itu musik. Apalagi di zaman sekarang,  kata musik pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Musik merupakan suara atau bunyi yang tersusun rapih tinggi rendahnya dan dimainkan secara beraturan sehingga memberikan kesan terhadap pendengarnya. Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang tentu saja sering mendengar musik di mana-mana.

Musik juga banyak  sekali jenisnya. Selain itu, musik juga  dapat mempengaruhi perasaan seseorang atau merubah perasaan seseorang, dapat merubah menjadi gembira, sedih, senang, dan nyaman. Musik tidak hanya sebagai hiburan untuk pendengar saja, tapi musik juga biasanya memberikan atau menyampaikan pesan etis, kritik terhadap pemerintah, ekspresi perasaan, mendorong atau memotivasi seseorang untuk melakukan hal positif dan negative, dan menjadi teman saat belajar.

Musik bisa juga bisa efektif jika digunakan  di bidang akademik yaitu membantu pembentukan model belajar, atasi kebosanan dan hindari kebisingan yang mengganggu dari luar.

Salah satu jenis music yang bisa menjadi teman kita untuk belajar adalah music klasik. Musik klasik merupakan istilah luas yang biasanya mengarah pada musik yang dibuat di atau berakar dari tradisi seni Barat, dan musik orkes, mencakup periode dari sekitar abad ke-9 hingga abad ke-21.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti musik klasik adalah musik yang komposisinya lahir dari budaya eropa dan digolongkan melalui periodisasi tertentu. Musik klasik membuat kita berpikir lebih jernih, karena ritme musik yang bisa menenangkan otak. Gelombang suara yang dihasilkan dapat membantu mengurangi stres dan memudahkan seseorang untuk berkonsentrasi.

Musik klasik berkembang di daratan eropa dan merupakan kebudayaan dari bangsa eropa. Perkembangan music klasik ini dibagi menjadi 6 zaman yaitu Zaman Abad Pertengahan (476 - 1572), Zaman Renaisance (1500 - 1600), Zaman Barok dan Rokoko (1600 - 1750), Zaman Klasik (1750 - 1820), Zaman Romantik (1820 -  1900), dan Zaman Modern (1900 - sekarang).

Banyak tokoh yang menciptakan music klasik salah satunya adalah Wolfgang Amadeus Mozart. Wolfgang Amadeus atau biasa di sebut Mozart lahir pada tanggal 27 januari 1759 di Wina, Austria. Dia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik  klasik Eropa yang paling terkenal dalam sejarah, dan dia memiliki karya-karya kurang lebih sekitar 700 lagu. Karya Mozart yang paling terkenal adalah yang berjudul Serenade no. 13 for Strings in G Major.

Dengan perkembangan jenis music klasik yang semakin melejit menjadikan manusia di zaman modern mulai mencintai jenis musik ini. Namun tidak jarang banyak yang menganggap musik klasik ini musik yang sangat membosankan bahkan kuno. Padahal  musik klasik jika didengarkan ketika belajar, pikiran akan menjadi relax sehingga kita tidak terlalu suntuk dalam belajar.

Biasanya ketika saya stress dalam mengerjakan tugas dan  mulai bosan dengan belajar, saya mengistirahatkan tubuh saya dan mendengarkan berbagai jenis musik agar pikiran saya Kembali relax. Musik yang biasa saya dengarkan adalah music dari yiruma dan music studio Ghibli.

Ini adalah trik saya untuk menghilangkan kelelahan. Siapa tahu trik ini, juga bermanfaat bagi kalian yang sering sekali merasa stres ketika mengerjakan tugas.

(Rizka Putri Ranbulan adalah Mahasiswi semester 4 Ilmu Komunikasi Universitas Peradaban Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita