Minggu, 21/03/2021, 14:23:37
Di Indramayu, Minat Warga Untuk Menjabat Kades Masih Tinggi
LAPORAN RESMAN S

Ilustrasi

PanturaNews (Indramayu) - Minat masyarakat Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terhadap jabatan Kepala Desa (Kades) atau Kuwu, masih sangat tinggi. Pemkab membuka peluang mendaftar menjadi calon Kuwu, untuk masa jabatan 2021-2016.

Dari 171 desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) atau Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak, total sebanyak 696 orang yang mendaftar sebagai bakal calon Kuwu.

“Jumlah pendaftar itu membuktikan peminat untuk jabatan Kades masih sangat tinggi,” tutur Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Indramayu, Drs. Jajang Sudrajat, MSi, Sabtu 20 Maret 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) yang juga Ketua Tim Pilwu Kabupaten Indramayu, Sugeng Heryanto mengatakan proses pendaftaran bagi para bakal calon Kuwu dimulai sejak tanggal 2 sampai 16 Maret 2021.

“Dari hasil pendaftaran sampai penutupan tidak ada desa dengan bakal calon tunggal, sehingga tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran,” ujar Sugeng.

Sugeng menjelaskan, dari sebanyak 696 pendaftar bakal calon dari 171 desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak tahun 2021 ini, sebanyak 17 orang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN), sisanya didominasi kalangan swasta.

Menurut Sugeng, sesuai Keputusan Bupati Indramayu yang jadi pedoman, pendaftar bakal calon Kuwu maksimal lima orang. Tapi kalau pendaftarnya melebihi kuota, maka dilakukan seleksi dan verifikasi di Panitia Pilwu Kabupaten Indramayu.

“Kalau pendaftarnya lebih dari lima orang, maka akan dilakukan seleksi dan verifikasi untuk menentukan siapa yang lolos dan siapa yang gugur,” imbuh Sugeng.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita