Sabtu, 20/03/2021, 21:07:47
Mencari Bibit Atlet, ISSI Kota Tegal Gelar Balap Sepeda di Jalingkut
LAPORAN JOHARI

Para Atlet Siap-siap melaju

PanturaNews (Tegal) – Akibat pandemi Covid-19, yang telah meluluhlantakan semua sektor, baik ekonomi maupun olah raga membuat pencarian bibit atlet balap sepeda  mandek. Karena saking lamanya tak ada even balap sepeda, membuat para atlet boring (jenuh). Kini pemerintah telah memberi kelonggaran (lampu hijau), untuk even olah raga dalam pencarian bibit atlet.

Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Tegal, memanfaatkan Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Kota Tegal, Jawa Tengah, yang merupakan trek lurus dan beraspal mulus untuk menggelar even dalam pencarian bibit atlet, bertajuk ‘Pessona Jalingkut Ngebut’ Sabtu 20 Maret 2021.   

Sebanyak 321 pebalap sepeda tanah air ambil bagian dalam adu kecepatan menaklukkan trek Jalan Lingkar Untuk (Jalingkut) Kota Tegal, sepanjang kurang lebih lima hingga tujuh kilometer. Even yang digelar ISSI Kota Tegal dan ISSI Jawa Tengah, bekerjasama dengan sejumlah klub sepeda lokal hingga nasional. Perhelatan ini digelar untuk mencari bibit baru atlet sepeda setelah sekian lama vacum akibat pandemi covid-19.

Ketua ISSI Kota Tegal, Agus Wijanarko mengatakan, kegiatan yang direkomendasikan PB ISSI dalam masa pandemi yakni kategori Individual Time Trial (ITT). Untuk itu, pihaknya memanfaatkan trek lurus di Jalingkut Kota Bahari.

“Kita bagi menjadi beberapa kelas, mulai dari Men youth, Junior, Elite, Master A dan amaster B. Kemudian Men BMX serta Women BMX,” ungkap Agus di sela kegiatan.

Menurut dia, diselenggarakannya even tersebut setelah sinyal hijau diberikan Kapolri dalam hal perizinan kegiatan olahraga yang dilaksanakan di tengah pandemi.

Keputusan tersebut diungkapkan Kapolri usai melakukan pertemuan tertutup dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali di Gedung Rupatama Mabes Polri pada awal Februari 2021.

“Hasil dari seleksi perlombaan ini diharapkan akan menjadi regenerasi atlet balap sepeda tanah air,” kata Agus.

Hal yang sama juga dikatakan Ketua ISSI Jateng, Kurniawan Muhamad Sawor. Menurutnya, di masa pandemic booming sepeda dan muncul atlet-atlet baru, namun tidak pada even balap sepeda, hanya menyalurkan hobi bersepeda. Dengan even hari ini untuk mencari bibit altlet balap sepeda. “Peserta 321 dari 9 kelas, kebanyakan dari Jawa Tengah, namun ada juga dari luar provinsi,” pungkasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita