Kamis, 04/03/2021, 06:12:10
Kader Posyandu Belum Masuk Prioritas Penerima Vaksin
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Kader Posyandu saat melakukan tugas mengedukasi masyarakat. Kepqla BLUD UPT Puskesmas Bumiayi, dr Ali Budiarto (Foto: Dok. Zaenal) 

PanturaNews (Brebes) - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sudah berjalan sejak pertengahan Januari 2021 lalu. Meski begitu kader-kader kesehatan yang kebanyakan ibu-ibu Posyandu belum termasuk kategori penerima tahap pertama atau kedua program vaksinasi di Kabupaten Brebes.

Padahal tugas kader Posyandu yang fokus melayani ibu dan anak juga turut membantu dalam penanganan pasien isolasi mandiri yang terpapar virus Covid-19.

“Gencarnya upaya penurunan Covid-19 melalui vaksinasi tenaga kesehatan dan pelayanan publik masih kurang maksimal. Karena, tidak melibatkan unsur kader Posyandu,” kata Kepala BLUD UPT Puskesmas Bumiayu, dr Ali Budiarto, Rabu 03 Maret 2021.

Kader Posyandu sebagai mitra paling depan bagi tenaga kesehatan dalam penurunan AKI/AKB sangat membantu dalam penanganan pasien isolasi mandiri yang terpapar virus Covid-19.

Anggota DPRD Brebes Tri Murdiningsih juga menyatakan, program vaksinasi yang sedang berjalan harus didukung dan mengedepankan skala prioritas utama.

“Ini sangat kurang bijaksana apabila kader Posyandu tidak masuk dalam daftar prioritas vaksinasi, dan ini harus segera diusulkan kepada Dinas Kesehatan provinsi untuk alokasi vaksinnya oleh Bupati sebagai ketua gugus tugas Kabupaten Brebes,” kata tokoh perempuan dari Brebes wilayah Selatan, tepatnya Kecamatan Paguyangan ini.

Kata dia, vaksin berfungsi membentuk dan memperkuat imunitas. Sehingga orang yang sudah menerima vaksin tidak akan mudah terinfeksi virus Corona.

“Vaksin ini membuat kita tidak mudah tertular dan juga tidak mudah menularkan. Sebagai kader Posyandu yang melayani masyarakat secara langsung juga butuh vaksin itu,” kata politisi PDIP tersebut.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita