Rabu, 03/03/2021, 20:35:54
Minat Pekerja Migran Asal Brebes ke Luar Negeri Alami Penurunan
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Minat warga Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang berkeinginan menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) mengalami penurunan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Brebes, Warsito Eko Putro mengatakan, setelah sempat ditutup karena pandemi Covid-19, keran keberangkatan di 17 negara kini mulai dibuka. Bahkan, sejumlah PMI sudah banyak yang antre berangkat ke negara-negara Asia-Pasifik.

"Meski ada 17 negara Asia-Pasific yang telah dibuka. Namun, ada dua negara yaitu Arab Saudi dan Malaysia masih menutup untuk menerima PMI," ujar Eko di kantornya, Rabu 3 Maret 2021.

Disatu sisi, kata Eko, selama pandemi ini, minat warga di Kabupaten Brebes yang berkeinginan menjadi PMI juga turun.

Selain karena negara tujuan ditutup, juga karena para calon PMI mengurungkan niatnya bekerja di luar negeri. Negara tujuan PMI asal Brebes yang sudah menerima mereka di antaranya Singapura, Hongkong, Korea, Jepang, dan Polandia.

"Kami juga sudah menyampaikan ke calon PMI agar terus mengikuti perkembangan terkait kesempatan bekerja di negara tujuan. Dan tetap kami menekankan untuk mematuhi protokol kesehatan," terangnya.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita