Minggu, 21/02/2021, 11:49:54
Bersama Pemuda, Dewi Aryani Bersihkan Sungai dan Tebar Bibit Ikan
LAPORAN SL. GAHARU

Dewi Aryani secara simbolis membersihkan sungai dan menebar bibit ikan nila di sungai Desa Kaligayam. Anggota DPR RI ini juga membagikan sembako dan bantuan dana kepada Karang Taruna Desa Kaligayam. (Foto: Gaharu)

PanturaNews (Tegal) - Masyarakat bersama Anggota Komisi IX DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani, M.Si gotong royong membesihkan sampah dan rumput liar di sungai wilayah Desa Kaligayam, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Minggu 21 Februari 2021.

Bersih-bersih sungai yang diinisiasi Politisi PDI Perjuangan dari Dapil Jawa Tengah IX (Kota/Kab. Tegal, Kab. Brebes) ini, dilakukan bersama pemuda dan pemudi Karang Taruna, kader partai, tokoh masyarakat dan warga setempat.

“Selain membersihkan sungai dari sampah dan tanaman liar, warga juga saya ajak mengeruk sungai untuk memperlancar aliran air,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Gerakan Sungai Bersih dan Budidaya Ikan Air Tawar yang digagas DeAr ini, masih dalam rangkaian HUT PDI Perjuangan, sekaligus memperingati HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional).

Lebih lanjut Dewi Aryani mengatakan kegiatan ini didukung kader-kader partai dalam melestarikan lingkungan. Di Kaligayam ini adalah paket perdana bersih-bersih sungai dan budidaya ikan tawar. Dewi Aryani juga menyerahkan bantuan dana Rp 5 juta kepada Karang Taruna Desa Kaligayam.

Ditegaskanya, Karang Taruna dalam berkegiatan jangan berpikir kepada uangnya, tapi gerakan sosialnya harus dikedepankan.

"Saya akan selalu membantu ide dan program untuk kegiatan Karang Taruna se Kabupaten Tegal," janji Dewi Aryani.

Soal dana kegiatan, Dewi Aryani menginformasikan tentang anggaran di dana desa. Anggaran dana desa itu harus ada prosentasenya untuk kegiatan karang taruna.

"Seluruh kepala desa harus menganggarkan secara proporsional untuk kegiatan sosial seperti kegiatan sosial karang taruna. Dana harus digunakan untuk kegiatan yang berdaya guna," terang Dewi Aryani.

Ditambahkan, sungai secara bertahap sudah dibersihkan dan dikeruk. Pada tahap ini ditebar 20 ribu bibit ikan nila.

Dewi Aryani mengharapkan, kegiatan bersih-bersih sungai kali ini bisa dilanjutkan di desa-desa lainnya. Selain sungai jadi bersih dari sumbatan sampah, juga ada tambahan value yaitu produktivitas ikan.

Pada kesempatan itu, Dewi Aryani secara simbolis menyerahkan bantuan bibit ikan nila. Dikatakan, setelah sungai dibersihkan akan di bangun pembatas sepanjang kurang lebih 100 meter. Juga memberikan bantuan dana Rp 5 juta untuk Karang Taruna Desa Kaligayam.

“Ini untuk di pergunakan sebagai tempat budidaya ikan air tawar,” tutur Dewi Aryani.

Selain itu, Dewi Aryani membagikan paket sembako untuk para janda tua miskin di Desa Kaligayam. Sembako ini, diharapkan dapat sedikit menghibur disaat masih dalam situasi kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Dr. Dewi Aryani juga didaulat Ketua Karang Taruna Kabupaten Tegal, Edi untuk bersedia menjadi ibu asuh Karang Taruna. Hal itu dimaksudkan agar memiliki sosok yang dapat memberikan arahan dan bimbingan.

“Ibu Dear sekaligus bisa membantu meningkatkan kinerja dan produktivitas kegiatan Karang Taruna di Kabupaten Tegal,” harapnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita