Jumat, 19/02/2021, 16:51:04
Inisiasi Gerakan Sungai Bersih-Budidaya Ikan, Dewi Aryani: Ini Gotong Royong
LAPORAN SL. GAHARU

PanturaNews (Tegal) - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Dr. Hj. Dewi Aryani, M.Si bersama Karang Taruna, kader partai, tokoh masyarakat dan segenap masyarakat Kabuaten Tegal, Jawa Tengah, akan melaksanakan gerakan bersih-bersih sungai, Minggu 21 Februari 2021.

Kegiatan yang akan dilaksanakan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Gung wilayah Desa Kaligayam, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal itu mengangkat tema Gerakan Sungai Bersih dan Budidaya Ikan Air Tawar.

“Ini merupakan gerakan gotong royong yang melibatkan banyak pihak, dan saya pribadi mengharapkan Karang Taruna bersama kader partai dapat bersama-sama beriringan mempelopori program ini untuk di lanjutkan di desa-desa lainnya,” ajak Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr, Jumat 19 Februari 2021.

Selain sungai jadi bersih, lanjut Dewi Aryani yang ke Senayan dari Dapil Jawa Tengah IX yng meliputi Kota dan Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes ini, ada tambahan value yaitu produktivitas ikan tawar khususnya ikan nila.

“Sungai yang bersih membuat lingkungan nyaman, dan rakyat sehat. Sehat itu menjadi fondasi dari segala macam aspek kehidupan. Tanpa masyarakat yang sehat, tanpa lingkungan yang bersih, tidak akan ada produktifitas,” tutur Dewi aryani.

Lebih lanjut dikatakan Dewi Aryani, selain membersihkan sungai dari tanaman liar juga di lakukan pengerukan sungai untuk memperlancar aliran air. Sungai yang sudah di bersihkan ini, nantinya akan di bangun juga pembatas untuk di pergunakan sebagai tempat budidaya ikan air tawar, diantaranya ikan nila sepanjang kurang lebih 100 meter.

Menyambut kegiatan yang akan digelar itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Tegal, , Edi mengatakan dalam kesempatan ini segenap pengurus mengharapkan Dr. Dewi Aryani bersedia menjadi ibu asuh Karang Taruna Tegal.

“Dengan begitu kami memiliki sosok yang dapat memberikan arahan, bimbingan sekaligus membantu meningkatkan kinerja dan produktivitas kegiatan para pemuda pemudi Karang Taruna di Kabupaten Tegal,” harap Edi.

Gerakan serupa sudah dilakukan Dr. Hj. Dewi Aryani bersama Komunitas Peduli Lingkungan dan warga, kerja bakti membersihkan gulma atau enceng gondok di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Gung wilayah Desa Pekiringan, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, pada Minggu 08 Desember 2019.

Kegiatan itu, selain untuk mengantisipasi banjir pada musim penghujan, membersihkan enceng gondok dari aliran sungai ini, kegiatan yang diikuti Camat Talang, dan Kepala Desa (Kades) serta ratusan warga, juga untuk membuat lingkungan yang bersih dan sehat.

“Saya mendukung gerakan ini sepenuhnya. Turut menyemangati semua pihak, dan berharap masyarakat makin peduli lingkungannya sendiri. Jika sungai bersih, maka lingkungan akan lebih nyaman dan rakyat menjadi sehat,” kata Dewi Aryani saat itu.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita