Jumat, 29/01/2021, 13:13:43
Tahun 2021, KONI Brebes Dapat Anggaran Hibah Rp 3,2 Miliar
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Rapat ploting anggaran cabang olahraga di Aula Kantor KONI Brebes. (Foto: Takwo Heryanto)

PanturaNews (Brebes) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memperoleh alokasi anggaran hibah di tahun 2021 sebesar Rp 3,2 miliar.

Selain diperuntukan bagi pembinaan dan kesejahteraan atlet, anggaran tersebut juga difokuskan untuk persiapan tiga event olahraga penting dari tingkat wilayah, provinsi hingga nasional.

"Untuk tahun ini alokasi anggaran hibah yang diperoleh KONI dari APBD Kabupaten besarannya sama dengan tahun lalu, yaitu Rp 3,2 miliar," ungkap Ketua KONI Brebes, Ahmad Zaeni melalui Sekretrarisnya, Tri Budi Hermanto, kemarin usai rapat ploting anggaran cabang olahraga di Aula Kantor KONI Brebes.

Herman menjelaskan, alokasi anggaran yang diterima itu nantinya diperuntukan bagi dana pembinaan atlet melalui setiap kecabangan olagraga, yang berjumlah 34 cabang olahraga. Alokasi anggaran kecabangan olahraga itu, untuk tahun ini mayoritas mengalami kenaikan. Kendati demikian, ada juga beberapa cabang yang turun.

"Melalui anggaran ini, kami juga telah menyiapkan alokasi bagi dana kesejahteraan atlet yang berprestasi. Ini sebagai upaya kami dalam motivasi atlet, dan sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang telah diberikan untuk membawa nama baik Brebes," terangnya.

Selain itu, lanjut dia, meski di tengah pandemi Covid-19, KONI Brebes tetap melalukan persiapan untuk tiga event penting di tahun 2021. Yakni, pekan olahraga Dulongmas yang rencananya digelar Oktober mendatang, Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng yang rencananya dilaksanakan November dan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua September me datang.

"Anggaran yang kami terima juga difokuskan untuk persiapan tiga event ini, Dulongmas, Pra Kualifikasi Porprov dan PON. Kami harapkan cabang olahraga untuk mengakomodir persiapan Dulongmas di Pekalomgan, dan Pra Kualifikasi Porprov di Pati," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, khusus persiapan PON Papua, Brebes telah meloloskan sejumlah atletnya untuk memperkuat kontingen Jateng. Di antaranya, cabang Hoki atlet Brebes lolos 2 orang, dari Senam lolos 3 atlet dan dari Gulat 1 atlet.

"Peluang lain dari cabang Renang, yang saat ini masih tahap seleksi. Untuk tahun depan, karena ada Porprov Jateng, kami berharap Pemkab bisa mengalokasikan anggaran yang cukup, guna mendukung prestasi dalam ajang bergengsi di Jateng ini," pungkasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita