Selasa, 26/01/2021, 17:09:16
Distribusi Vaksin ke Puskesmas Se-Indramayu Bakal Dikawal Ketat
LAPORAN RESMAN S & BOBY RAHMAT, SH

Kapolsek Krangkeng dan anggotanya melakukan koordinasi dan monitoring untuk pendistribusian Vaksin Covid-19 dan kesiapan pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Krangkeng. (Foto: Humas Polres)

PanturaNews (Indramayu) - Pendistribusian Vaksin Covid-19 ke puskesmas-puskesmas se Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, bakal dikawal ketat oleh petugas kepolisian. Indramayu menerima alokasi vaksin sebanyak 4.960 dosis.

Sebagai langkah pengawalan, Kapolsek Krangkeng AKP Eko Susilo melakukan koordinasi dan monitoring terkait pendistribusian Vaksin Covid-19 dan kesiapan pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Krangkeng.

”Dari hasil koordinasi diinformasikan bahwa kedatangan vaksin di Puskesmas Krangkeng pada Jumat 29 Januari 2021 pukul 09.00 WIB. Calon penerima dari tenaga kesehatan berjumlah 52 orang, dan vaksinator berjumlah 10 orang,” ujar AKP Eko Susilo, Selasa 26 Januari 2021.

Menurutnya, dia bersama tiga personilnya yakni Bripka Suoarjo, Brigadir Bayu dan Brigadir Cartiman koordinasi dengan Hj. Musniah PMK bagian surveilans Puskesmas Krangkeng.

“Diharapkan melalui kegiatan vaksinasi, upaya memerangi pandemi Covid-19 dapat berjalan maksimal. Masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

Sementara Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi Kabupaten Indramayu, dr. H. Wawan Ridwan mengatakan, Kabupaten Indramayu termasuk dalam tahap pertama termin 2, dan akan melaksanakan vaksinasi di bulan Februari 2021.

“Untuk tahap pertama terbagi dalam 2 termin. Tahap pertama termin 1 adalah di ibukota provinsi dan kabupaten/kota yang berbatasan dengan ibukota provinsi, dilaksanakan pada bulan Januari 2021,” kata Wawan.

Lebih lanjut dikatakan, di Provinsi Jawa Barat ada 7 kabupaten/kota yang melaksanakan vaksinasi mulai 14 Januari 2021. Tujuh kota tersebut adalah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Bandung.

“Rencana distribusi vaksin dari provinsi ke Kabupaten Indramayu, dijadwalkan antara tanggal 24-25 Januari 2021, dengan alokasi vaksin sebanyak 4.960 dosis,” tutur Wawan yang juga Kepala Bidang P2P Dinkes Kabupaten Indrmayu.

Untuk meningkatkan kepercayaan publik, lanjutnya, akan keamanan dan kehalalan vaksin, pelaksanaan vaksinasi akan didahului dengan pemberian kepada sekitar 10 pejabat publik dan tokoh masyarakat.

Untuk pemberian vaksin kepada Bupati dan Tokoh Daerah, akan dilaksanakan di Pendopo. Setelah itu dilakukan vaksinasi kepada Tenaga Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Vaksinator yaitu 49 Puskesmas, 10 Rumah Sakit, serta Klinik Kodim Indramayu dan Klinik Polres Indramayu.

“Pada tahap pertama termin 2 ini, selain untuk 10 pimpinan dan tokoh daerah, vaksin akan diberikan kepada tenaga kesehatan yang sudah terdaftar untuk vaksinasi di aplikasi P-Care BPJS,” pungkasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita