Senin, 25/01/2021, 19:42:22
Mengenal Fakultas yang Fokus Meneliti Masalah Ekonomi
Oleh: Baqi Maulana Rizqi

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) adalah bagian dari Universitas Peradaban Bumiayu (UPB), perguruan tinggi yang fokus meneliti masalah ekonomi dan dunia bisnis di Kabupaten Brebes.

Fakultas ini, memiliki visi “Menjadi fakultas yang terkemuka dalam mengembangkan peradaban bangsa, dengan menciptakan insan yang cerdas dan berakhlak mulia dalam bidang ekonomi dan bisnis pada tahun 2030”. 

Berbicara Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), tentu tidak terlepas dari sejarah berdirinya Universitas Peradaban. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28/E/O/2012. FEB merupakan salah satu fakultas di Universitas Peradaban di bawah naungan Yayasan Wakaf Perguruan Ta’allumul Huda di bidang pendidikan. 

Berkat dedikasi yang tinggi dalam dunia pendidikan, Prof. Dr. Yahya A Muhaimin mampu menjadi inisiator atas berdirinya perguruan tinggi di wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan. Mengingat beliau juga pernah mendapat kepercayaan dari Presiden Abdurrahman Wahid, untuk menjadi Mendiknas RI pada tahun 1999-2000.

Universitas Peradaban resmi mengudara pada tahun 2014, yang sebelumnya pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STKIP) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Pada tahun 2014 Yayasan  Perguruan Ta’allumul Huda mendirikan Universitas Peradaban. Akhirnya di tahun 2015 Yayasan Perguruan Ta’allumul Huda menggabungkan dari tiga Institusi STKIP Islam Bumiayu, STIE Islam Bumiayu dan Universitas Peradaban Bergabung menjadi Universitas Peradaban.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis ini, menawarkan banyak keunggulan baik dari sisi sumber daya manusia maupun akreditasi. Hal ini ditujukan untuk menunjang peningkatan kualitas pendidikan dan ilmu pengetahuan. FEB memiliki dua program studi yang sudah terakreditasi B pada fakultas ini, yakni Program studi manajemen dan program studi akuntansi. Untuk jumlah dosen di FEB UPB ada 13 orang. Dosen bergelar Doktor 4 orang, Profesor 1 orang.

Program Studi S1 Manajemen menyelenggarakan pendidikan berdasarkan visi, ”Menjadi program studi yang terkemuka dalam mengembangkan peradaban bangsa dengan menghasilkan lulusan yang cerdas dan berakhlak mulia dalam bidang manajemen pada tahun 2030”.

Sedangkan Program Studi S1 Akuntansi menyelenggarakan pendidikan berdasarkan visi, “Menjadi program studi yang terkemuka dalam mengembangkan peradaban bangsa dengan menghasilkan lulusan yang cerdas dan berakhlak mulia di bidang akuntansi pada tahun 2030”.

Dalam perkembangannya sekarang, FEB yang dipimpin oleh Adi Susanto, S.H., S.Pd., M.M. sebagai dekan fakultas menerapkan disiplin yang tinggi. selaku dekan FEB, A Adi Susanto, S.H., S.Pd., M.M. memiliki prinsip untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan pada masyarakat dalam bentuk penelitian, pengabdian, dan pembelajaran sebaik mungkin.

Atas dedikasi yang tinggi di FEB, Adi Susanto, S.H., S.Pd., M.M. membuktikan dalam kurun waktu kurang dari satu tahun sudah banyak capaiannya yang dihasilkan secara baik. Pada tahun 2020 FEB mencapai angka kelulusan sampai dengan 98%. Selain itu, akreditasi program studi manajemen dan akuntansi yang terdapat di fakultas ekonomika dan bisnis mendapat predikat B keduanya. Dengan tetap memberikan pelayanan administrasi yang semakin baik, cepat, dan ramah

Pria kelahiran Banyumas ini, tepatnya dari Desa Tlaga Kecamatan Gumelar, Adi Susanto, S.H., S.Pd., M.M. memiliki prinsip kerja yang sangat baik, hal itu ditunjukkan dengan kedisiplinan dalam segala hal. termasuk membantu mempermudah urusan mahasiswa, memberikan petunjuk dan saran bagi mahasiswa walaupun diluar jam kerja. Dekan FEB juga membuka peluang bagi masyarakat untuk berkonsultasi secara khusus mengenai dunia perkuliahan maupun masalah-masalah umum lainnya.

Dilihat dari lulusan fakultas ekonomika dan bisnis ini, terbukti para alumninya diterima bekerja di beberapa institusi pemerintah sebagai PNS, bekerja di BUMN, di perbankan, dan di perusahaan-perusahaan besar lainnya.

Di fakultas ekonomika dan bisnis terdapat program unggulan, yaitu para mahasiswa dibekali dengan mata kuliah kewirausahaan. Ini ditujukan untuk membentuk para mahasiswa menjadi seorang entrepreneur. Rencana kedepannya, menurut Dekan fakultas ekonomika dan bisnis akan membuka 2 program studi baru yaitu Program S1 Kewirausahaan Syariah dan Program S1 Digital marketing.

Adi Susanto, S.H., S.Pd., M.M. menekankan akan berusaha sebaik mungkin untuk memimpin FEB dengan pembenahan di berbagai bidang. Hal ini dimaksudkan untuk dapat berkontribusi pada dunia ekonomi dan bisnis pada umumnya.

(Baqi Maulana Rizqi adalah Mahasiswa Universitas Peradaban Bumiayu Kabupaten Brebes, Jawa Tengah)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita