Rabu, 20/01/2021, 18:56:47
Tidak Ada Gugatan, Nina-Lucky Dipastikan Pemenang Pilkada
LAPORAN RESMAN S

Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Patoni memastikan Nina Agustina-Lucky Hakim pemenang Pilkada pada Rapat Koordinasi Persiapan Penetapan Pasangan Calon Terpilih. (Foto: Dok/Resman)

PanturaNews (Indramayu) - Pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Indramayu 2020, Nina Agustina-Lucky Hakim dipastikan melenggang dengan mulus ke Pendopo Indramayu. Pasalnya, setelah pasca pleno rekapitulasi, tidak ada gugatan terkait hasil penghitungan suara.

Hal itu dikatakan Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Patoni pada Rapat Koordinasi Persiapan Penetapan Pasangan Calon Terpilih di Gedung KPU Jalan Soekarno - Hatta Simpang Lima Indramayu, Jawa Barat, Rabu 21 Januari 2021.

“Berdasarkan fakta hingga kini tidak ada gugatan hasil perolehan suara dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Indramayu. Hasil pleno sudah kami berikan ke masing-masing paslon. Selanjutnya, tinggal pleno penetapan pemenang Pilkada Indramayu, besok ” ujar Ketua KPU Indramayu.

KPU Indramayu menentukan jadwal Rapat Pleno Penetakan Pasangan Calon (Paslon) pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Indramayu, besok, Kamis 21 Januari 2021.

“KPU mengundang empat paslon Bupati-Wakil Bupati Indramayu untuk menetapkan hasil penghitungan perolehan suara. Undangan tetap melakukan standar protokol kesehatan, dan paslon diminta untuk tidak membawa massa,” tutur Ahmad Toni Patoni.

Secara terpisah, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu, Nurhadi SPd mengungkapkan, sesuai dengan PKPU yang berlaku, agenda penetapan pemenang Pilkada Indramayu akan dilakukan setelah ada keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Tapi Pilkada Indramayu tidak masuk dalam register perkara permohonan sengketa perselisihan hasil penghitungan suara.

“Indramayu sepertinya tidak masuk dalam Perkara Hasil Pemilu (PHP) di MK. Oleh karena itu, setelah ada kepastian Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) kepada KPU, maka pemenang Pilkada Indramayu sudah bisa ditetapkan,” paparnya.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, telah menyelesaikan rekapitulasi hitungan suara melalui Rapat Pleno terbuka pada Selasa 15 Desember 2020 malam di Aula KPU Kabupaten Indramayu.

Rapat Pleno tersebut, memutuskan pasangan nomor 04 Nina Agustina-Lucky Hakim memperoleh suara tertinggi sebanyak 313.766 atau 36,76 persen, mengalahkan petahana nomor urut 03 Daniel Muttaqien-Taufik Hidayat yang memperoleh suara 243.151 atau 28,48 persen.

Sementara Paslon 01, Mohamad Solihin-Ratnawati di urutan tiga dengan perolehan suara 223.247 atau 26,15 persen. Keempat pasangan nomor urut 02, Toto Sucartono-Deis Handika, sebesar 73.494 suara atau 8,61 persen.

Pilkada serentak di Indramayu terdapat 1.315.150 DPT, 870.525 hak pilih, 853.660 suara sah, dan 16.865 suara tidak sah. Partisipasi masyarakat 66,82 persen, lebih tinggi dari Pilkada lalu sebesar 58,95 persen.

Nina Agustina-Lucky Hakim diusung tiga partai yakni PDI Perjuangan, Gerindra dan Nasdem. Pasangan Daniel Muttaqien-Taufik Hidayat diusung Golkar, sedangkan Mohamad Solihin-Ratnawati diusung PKB, Demokrat, PKS dan Hanura. Paslon Toto Sucartono-Deis Handika maju melalui jalur perorangan atau independen.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita