Minggu, 17/01/2021, 19:26:19
Tidak Memakai Masker di Tempat Umum, Hukumanya Push Up
LAPORAN RESMAN S

Operasi Yustisi yang digelar Polsek Sukagumiwang memberikan sanksi sosial push up kepada pengendara yang tidak memakai masker. Sementara Polsek Pasekan bersama Satpol PP dan petugas Puskesmas sosialisasi prokes di Desa Totoran. (Foto: Humas Polres)

PanturaNews (Indramayu) - Sebagai upaya pendisipilan masyarakat terhadap kepatuhan Protokol Kesehatan (Prokes), Polres Indramayu, Jawa Barat, bersama jajaranya terus menggelar Operasi Yustisi. Bagi pelanggar, diberikan sanksi sosial.

Polsek Sukagumiwang bersama personil gabungan dari Koramil serta Satpol PP, menggelar Operasi Yustisi di Jalan Raya Tulungagung, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu. Sedangkan Polsek Pasekan sosialisasi Prokes di Desa Totoran, Minggu 17 Januari 2021.

“Sasaran opeasi dalah masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, khususnya yang tidak menggunakan masker,” Kapolsek Sukagumiwang, Kompol Lindon Affandi Siregar.

Lebih lanjut dijelaskan Kapolsek Sukagumiwang melalui Kasubbag Humas Polres Indramayu AKP Budiyanto, para pelanggar yang terjaring Operasi Yustisi protokol kesehatan, langsung diberikan teguran secara lisan sampai sanksi sosial hingga disanksi push up.

“Pelanggar juga mengisi surat pernyataan agar tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama melanggar protokol kesehatan,” terangnya.

Dijelaskan pada Operasi Yustisi kali ini, pengendara yang terjaring tidak menggunakan masker sebanyak 10 orang, tiga diantaranya dikenakan sanksi fisik berupa push up. Operasi serupa terus dilakukan, tujuanya mutus rantai penyebaran Covid-19.

Sementara Polsek Pasekan jajaran Polres Indramayu bersama Satpol PP dan petugas Puskesmas Pasekan, sosialisasi Peraturan Mendagri No. 01 tahun 2021 dan Surat Edaran Kabupaten Indramayu No. 012/ST.Covid-19- IM/XII/2020.

Sosialisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dipimpin Kapolsek Pasekan, Iptu Kardiyah di Desa Totoran, Kecamtan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Minggu 17 Januari 2021.

Kapolsek Pasekan melalui Kasubbag Humas Polres Indramayu, AKP Budiyanto mengatakan, bahwa sosialisasi dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Indramayu, khususnya di wilayah hukum Polsek Pasekan.

“Warga dihimbau unruk tidak berkerumun, selalu memakai masker dan tetap menjaga jarak. Juga mencuci tangan dengan menggunakan sabun untuk mencegah penyebaran virus corona,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pihaknya juga menghimbau pembatasan waktu. “Untuk warung makan tetap buka, tetapi pengunjung tidak boleh makan di dalam. Dianjurkan untuk dibawa ke rumah saja atau dibungkus, hal tersebut guna mengantisipasi kerumunan massa,” tuturnya.

Diharapkan seluruh masyarakat agar mematuhi aturan sesuai dengan ketentuan selama PPKM, terhitung mulai tanggal 11 Januari 2021 sampai dengan 25 Januari 2021 mendatang di Kabupaten Indramayu pendisiplinan Protokol Kesehatan di tempat-tempat keramaian.

Ditambahkan, menuju Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) agar masyarakat selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta mematuhi Protokol Kesehatan dengan melaksanakan 3 M, yaitu Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak Tidak Berkerumun.

“Jika masyarakat disiplin dengan protokol kesehatan, penyebaran virus corona akan segera berakhir,” pungkas AKP Budiyanto.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita