Minggu, 17/01/2021, 08:09:45
PMI Brebes Bantu Korban Bencana Tanah Bergerak
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Penyerahan bantuan uang dan family kit dari PMI Brebes untyk korban bencana alam tanah bergetak di Dukuh Sambungregel Desa Manggis Kecamatan Sirampog (Foto Zaenal Muttaqin) 

PanturaNews (Brebes) - PMI Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, bantu koban bencana alam tanah bergerak di Dukuh Sambungregel RT 03 RW RW 03 Desa Manggis Kecamatan Sirampog. Bantuan dari PMI berupa uang tunai dan familiy kit ini termasuk yang tercepat untuk para korban.

"Kami berupaya secepat mungkin untyk membantu para korban, setelah ada laporan dan data para korban bantuan langsung dikirim," ujar Ketua PMI Brebes, Wahidin Soedja.

Penyerahan bantuan dari PMI ini diserahkan langsung ke Kepala Desa Manggis, Masruri SAg untuk disalurkan kepada para korban bencana tanah bergerak. Selain dari PMI bantuan untuk korban bencana tanah bergerak juga datang dari BPBD Brebes dan juga dari masyarakat lainnya.

Sementara itu, jumlah rumah yang rusak akibat bencana tanah gerak di Dukuh Sambungregel, Desa Manggis, Kecamatan Sirampog, Sabtu 16 Januari 2021 sore menjadi 25 unit. Oleh warga dan relawan 5 rumah di antaranya terpaksa dirobohkan karena membahayakan.

Upaya perobohan dilakukan secara gotong-royong oleh TNI, Polsek, relawan dan warga sekitar dengan menarik tembok. Beberapa orang lainnya mendorong tembok dengan bambu.

Terlihat kerusakan didominasi retak-retak pada tembok dan rekahan pada lantai rumah. Sedangkan genting juga terlihat mulai ambrol.

Koordinator Relawan BPBD Brebes Budi Sujatmiko mengatakan, dari  25 rumah yang rusak, 18 unit di antaranya rusak berat, 7 unit rusak sedang.

“Hari ini kita robohkan 3 rumah, kemarin 2 rumah. Semuanya rusak berat sehingga pertimbangannya cukup membahayakan,” katanya.

Seluruh penghuni rumah yang dirobohkan telah mengungsi. Adapun relawan dan pemdes menyediakan tempat pengungsian di SDN 02 Manggis.

“Sejak awal disiapkan di SDN 2 Manggis. Tapi mereka kebanyakan menginap sementara di rumah saudara karena masih dekat lokasi,” ujarnya.

Sejumlah relawan dari Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR), BPBD Brebes Posko Bumiayu, PMI dan lainnya terus membantu mengamankan barang-barang milik korban.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita