Rabu, 13/01/2021, 17:56:02
Listyo Sigit Prabowo Calon Kapolri Pilihan Presiden Jokowi
LAPORAN RESMAN S

Komisaris Jenderal (Komjen) Pol. Listyo Sigit Prabowo calon Kapolri pilihan Jokowi. (Foto: Dok/Istimewa)

PanturaNews (Jakarta) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyodorkan nama Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri ke pimpinan DPR RI.

Surpres bernomor: R-02/Pres/01/2021, disampaikan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno kepada Ketua DPR RI, Puan Maharani di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu 13 Januari 2021.

“Pada hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan usulan Pejabat Kapolri kepada DPR RI, atas nama Komjen (Pol) Listyo Sigit Prabowo untuk mendapatkan persetujuan DPR,” kata Puan.

Dijelaskan, mekanisme didahului dengan Rapat Pimpinan, Rapat Badan Musyawarah, pemberitahuan tentang masuknya Surat Presiden tentang Pencalonan Kapolri serta penugasan Komisi terkait, yaitu Komisi III untuk melakukan fit and proper test.

“Hasil fit and proper test di Komisi III akan kembali dibawa dalam Rapat Paripurna untuk mendapatkan persetujuan Dewan. Proses ini akan ditempuh selama 20 hari, terhitung sejak tanggal surat Presiden diterima oleh DPR,” terang Puan.

DPR RI, lanjutnya, akan menjalankan seluruhnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan mekanisme yang berlaku hingga diketahui apakah Kapolri yang diusulkan Presiden mendapat persetujuan DPR.

Sebagaimana diketahui, Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991, lahir di Ambon, Maluku, pada 5 Mei 1969.

Listyo Sigit dikenal dekat dengan Presiden Jokowi karena pernah menjabat sebagai Kapolres Solo pada 2011, saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Kedekatan Listyo dan Jokowi berlanjut ketika Jokowi menjadi Presiden. Pada 2014, Listyo pun menjadi ajudan Jokowi.

Setelah tidak menjadi ajudan Jokowi, Listyo menduduki sejumlah jabatan di kepolisian, yakni Kapolda Banten pada 2016-2018 dan Kadiv Propam Polri pada 2018-2019, sebelum diangkat menjadi Kabareskrim.

Listyo mulai menjabat sebagai Kabareskrim pada 6 Desember 2019, menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang saat itu dilantik menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara. (Sumber: Kadiv Humas Mabes Polri)


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita