Rabu, 13/01/2021, 14:44:56
PMI Serahkan Bantuan untuk Korban Longsor Sungai Keruh Bumiayu
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Ketua PMI Brebes, H Wahidin Soedja serahkan bantuan untyk korban longsor tebing Sungai Erang. Beberapa rumah warga rusak akibat tebing sungai Erang longsor dihantam arus deras (Foto: Dok. Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menyerahkan bantuan kepada empat Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya rusak akibat longsor tebing Sungai Keruh Desa Kalierang Kecamatan Bumiayu. Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua PMI Brebes H Wahidin Soedja, Rabu 13 Januari 2021 di Balai Desa Kalierang.

"PMI bergerak cepat memberi bantuan warga yang terkena bencana untuk meringankan beban," ujar Wahidin saat penyerahan bantuan.

Bantuan berupa uang tunai untuk warga yang rumahnya mengalami rusak berat, masing-masing KK sebesar Rp 750 ribu dan family kit. Bantuan dimaksudkan dapat meringankan beban korban yang saat ini terpaksa mengungsi karena rumahnya tidak aman dihuni.

Bantuan secara simbolis diterima Camat Bumiayu, Eko Purwanto SP MSi disaksikan dan pejabat Forkomponca lainnya.

Perlu diketahui, 14 rumah warga di pinggir Sungai Keruh Desa Kalierang, rusak akibat tebing sungai longsor, pada Selasa 12 Januari 2021 sekira pukul 18.30 WIB, menyusul hujan deras yang turun sejak pukul 15.00 WIB.

Ada 14 rumah warga di Dukuh Krajan RT 01 RW 01 Desa Kalierang yang rusak akibat longsor tebing sungai tersebut dan empat rumah di antaranya mengalami rusak berat.

Berdasarkan laporan dari Pemerintah Desa Kalierang rumah warga yang rusak berat adalah milik, Lukman, Sutarno, Budi Santoso dan Adi Abdillah. Ke empat rumah warga tersebut mengalami kerusakan berat dan hancur.

Sementara 10 rumah lainnya mengalami kerusakan sedang adalah milik, Warsiah, Ipih, M Yahya, Turiman, Jono, Idris, Turiyah, Kosim, Kholisoh dan Moh Amin. Berdasarkan laporan tersebut ada lima kepala keluarga (KK) yang kini terpaksa mengungsi di Balai Desa Kalierang.

Akibat hujan pada sore itu juga tiga bangunan di dekat tebing Sungai Erang Desa Kalierang rusak, tepatnya di RT 03 RW 05 Dukuh Pesantren. Yakni bangunan tempat ibadah Masjid Istiqomah, talud pengaman bangunan gudang material dan talud pengaman rumah warga.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita