Selasa, 12/01/2021, 17:25:00
Kreativitas Tanpa Batas di Masa Pandemi Covid-19
Oleh: Dewi Oktari

SAAT pandemi Covid-19 ini menuntut semua orang untuk meminimalisir kegiatannya mereka di luar rumah, bahkan ada beberapa yang harus bekerja dan bersekolah di rumah.

Untuk minggu pertama terasa tidak masalah bagi seseorang tetapi bagaimana jika itu dilakukan dalam jangka waktu yang tidak di tentukan sebagai contoh mereka tidak berpergian selama berbulan-bulan. Tentu itu akan menimbulkan rasa bosan dan penat tentunya.

Namun ada beberapa orang yang memanfaatkan waktu mereka ketika mereka mempunyai banyak waktu luang dan menjadikannya menjadi peluang bisnis tentu saja dengan mengeksplore eksperimen mereka di rumah dengan kegiatan yang positif.

Sama seperti kegiatan Anna yang ia lakukan dimasa pandemi berawal dari iseng-iseng karena bosan dengan kegiatan monoton yang ia lakukan ketika berada di rumah. Beberapa kali dia mencoba melakukan eksperimen dengan membuat kue dengan bahan  yang sederhana.

Namun karena ia terlalu sering membuat kue, ia dan keluarganya tidak bisa menghabiskan kuenya akhirnya dia bagikan kepada tetangga sekitar. Beberapa hari setelahnya alangkah terkejutnya dia saat mendapatkan pesanan kue untuk anak dari saudaranya yang akan segera merayakan ulangtahun sederhananya. Ternyata kue yang dibuat oleh Anna mendapat penilain yang pas darinya. Dia berkata pada Anna bahwa kue Anna terasa lembut dan enak juga tidak berbau amis karena Anna pintar dalam mengolahnya.

Dari situ lah melalui perkataan tetangganya hingga menyebar Anna beberapa kali mendapat orderan dan bisa menjadi pemasukan tambahan untuknya selama pandemi.Saat ini dia menyadari bahwa kesibukannya selama di kantor membuatnya terlena dan jarang melakukan kegiatan yang menyenangkan ketika seorang wanita berada di dapur.

Dampak positif lainnya kita dapat membuka peluang usaha mandiri dan memulai mengembangkan bisnis rumahaan di banding dengan harus membeli makanan dengan brand mahal hanya untuk sebuah kepuasan semata. Bukankah membeli produk dalam negeri adalah salah satu usaha yang harus kita lakukan diambang masa krisis ini?

Kita tentu tidak pernah tahu kegiatan atau hal asik apa yang bisa kita lakukan sebelum kita keluar dari zona nyaman kita. Seperti yang dikatakan oleh Jack Canfield penulis dan motivator terkenal asal amerika bahwa  "Penghargaan terbesar dalam hidup ditemukan di luar zona nyamanmu. Jalani saja. Ketakutan dan risiko adalah prasyarat jika kamu ingin menikmati kehidupan yang sukses dan bertualang."

Tentu cerita Anna bukan lah cerita inspiratif satu-satunya masih banyak cerita lainnya yang lebih inspiratif lagi dari sekian banyak orang di muka bumi dan bisa saja salah satu dari mereka adalah kamu. So, jangan takut untuk melakukan hal-hal yang selama ini belum pernah kamu lakukan walaupun dengan kondisi dan keadaan serba terbatas sekalipun karena kreativitas bukan lah hal yang mempunyai batasan.

(Dewi Oktari is a Student English Language Education Program of Peradaban University, Brebes Regency, Central Java)

Tulisan dalam Kolom Opini ini adalah kiriman dari masyarakat. Segala tulisan bukan tanggung jawab Redaksi PanturaNews, tapi tanggung jawab penulisnya.

 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita