Kamis, 07/01/2021, 19:02:42
Jelang Vaksinasi, Dewi Aryani: Pengawasan Harus Bersama-Sama
LAPORAN SL. GAHARU

 Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PDI Perjuangan, Dr. Dewi Aryani: Pengawasan vasinasi harus dilakukan bersama-sama. (Foto: Gaharu)

PanturaNews (Tegal) - Untuk mengantisipasi adanya penyimpangan pemberian vaksin Covid-19 yang tidak tepat sasaran sesuai tahapan, kepala daerah yang berperan dalam memberikan data ke pusat, harus bisa mengkontrol data yang akurat.

Pernyataan itu disampaikan Anggota DPR RI Komisi IX, Dr. Dewi Aryani, Msi menanggapi vaksinasi tahap 1 yang segera dilaksanakan, di Rumah Aspirasi Dewi Aryani di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Kamis 07 Januari 2021 siang.

“Kepala daerah punya kaki tangan yaitu kepala dinas. Kepala dinas ini yang akan mendata, siapa yang masuk ke golongan tahap 1, tahap 2 dan seterusnya,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr.

Menurut politisi PDI Perjuangan dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kota-Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes ini, pengawasan harus dilakukan bersama-sama. Apabila secara struktural tata kelola pemerintahan ini berjalan sebagaimana mestinya, kontrol itu bisa dilakukan di level yang paling bawah.

“Keterlibatan kepala daerah sangat diperlukan, karena tidak semuanya harus ditangani dari pusat. Jadi kepala daerah harus jadi pemeran utama, agar vaksinasi sukses di semua daerah yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Kemudian yang berkaitan dengan Pak Jokowi menyatakan bersedia menjadi orang pertama yang divaksin, Dewi Aryani sangat mengapresiasi. Artinya, presiden tidak hanya punya kepedulian yang sangat tinggi terhadap pandemi yang ada di Indonesia, tapi presiden berani menjadi tokoh paling utama di Indonesia yang percaya, bahwa vaksin ini menjadi salah satu hal yang harus dilakukan.

“Dengan vaksinasi penyebaran virus corona segera terputus, Indonesia segera pulih lagi, dan 2021 diharapkan dampak dari pemberian vaksin kepada seluruh lapisan masyarakat ikut menggerakan pertumbuhan ekonomi,” tutur Dewi Aryani.

Diketahui jadwal vaksinasi Covid-19 tahun 2021 di Indonesia adalah:

Periode 1 (Januari-April 2021): Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap 1 adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).

Periode 2 (Januari-April 2021): Sasaran vaksinasi adalah: (1) Petugas pelayanan publik, yaitu TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya yang meliputi petugas di bandara/pelabuhan/stasiun/terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat. (2) Kelompok usia lanjut (di atas 60 tahun).

Periode 3 (April 2021-Maret 2022): Sasaran vaksinasi COVID-19 tahap 3 adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Periode 4 (April 2021-Maret 2022): Sasaran vaksinasi tahap 4 adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya, dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita