Minggu, 20/12/2020, 18:17:02
Pada Situasi Pandemi, Dewi Aryani Gerakkan Program di Belasan Desa
LAPORAN SL. GAHARU

Selama masa reses sejak pertengahan Desember 2020, Anggota Komisi 9 DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani menggerakkan beberapa jenis program di belasan desa di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes, diantaranya program PK Reguler, TKM Reguler, PK JPS dan TKM JPS. (Foto: Dok/Tim DeAr)

PanturaNews (Tegal) - Selama masa reses pertengahan Desember 2020 hingga Januari 2021 mendatang, Anggota Komisi 9 DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani, Msi menggerakkan beberapa jenis program di belasan desa di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes.

“Program ini untuk membangun spirit kemandirian warga, dan menciptakan lapangan pekerjaan,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr, Minggu 20 Desember 2020.

Program yang gelontorkan adalah mulai pelatihan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) tata boga, TKM jahit terpal, TKM perbengkelan, Padat Karya (PK) hingga peresmian gedung Balai Latihan Kerja (BLK) dan santunan untuk yatim.

“Ini untuk menggerakkan dan memotivasi masyarakat, agar tetap tegar menghadapi situasi akibat pandemi Covid-19, sekaligus menumbuhkan jiwa gotong royong dan wira usaha mandiri,” tutur politisi PDI Perjuangan ini.

Dikatakan Dewi Aryani yang ke Senayan dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kota-Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes, selain program-program aspirasi yang di gelontorkan didapilnya, juga menggelar konsolidasi partai di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tegal.

Kepada kader struktural, Dewi Aryani mengatakan bahwa saat ini intoleransi marak terjadi di beberapa wilayah. Karenanya kader PDI Perjuangan jangan mudah terprovokasi. Membangun toleransi dan gotong rotong harus terus di tanamankan, dan dilakukan oleh semua semua lapisan.

Lebih lanjut dijelaskan Doktor Adiministrasi Kebijakan Publik dan Bisnis UI ini, kegiatan-kegiatan itu secara marathon di gelar di desa-desa sejak masa Reses pertengahan Desember 2020.

“Setiap kegiatan di satu desa, sekurangnya melibatkan 200 warga. Selain di desa-desa, pelatihan tata boga juga dilaksanakan di Rumah Arpirasi HD di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi,” ungkapnya.

Berikut Desa-Desa di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes yang mendapat program Padat Karya (PK) dan TKM (Tenaga Kerja Mandiri):

Program Padat Karya Reguler: 1. Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. 2. Desa Pedeslohor, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal.

Program Tenaga Kerja Mandiri Reguler: 1. Desa Kedemangaran, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. 2. Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal. 3. Desa Suradadi, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. 4. Desa Demangharjo, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal. 5. Desa Karangwuluh, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.

Program Tenaga Kerja Mandiri (JPS): 1. Desa Cawitali dan Desa Bumijawa, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal dengan nama kelompok Kubuca. 2. Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, nama kelompok Langgeng Brayan.

Dan 3. Desa Buniwah, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, nama kelompok Karya Lestari. 4. Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, nama kelompok Sidaharja Hebat. 5. Desa Kramat, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, nama kelompok Jaya Sentosa.

Program Padat Karya (JPS): 1. Desa Kertayasa, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, nama kelompok Usaha Sejahtera Kertayasa. 2. Desa Pandaharja, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, nama kelompok Banteng Pantura.

Selanjutnya 3. Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, nama kelompok Makmur Jaya. 4. Desa Pakulaut, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, nama kelompok Perintis. 5. Desa Balapulang Wetan, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, nama kelompok Berdikari.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita