Sabtu, 19/12/2020, 12:29:38
Dewi Aryani: TKM dan Padat Karya Membangun Spirit Kemandirian
LAPORAN SL. GAHARU

Pada masa reses, Anggota Komisi 9 DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani menggelar pelatihan dan memberikan bantuan alat-alat masak kepada TKM Tata Boga di puluhan desa di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes. (Foto: Dok/Tim DeAr)

PanturaNews (Tegal) - Selama masa Reses di bulan November-Desember 2020, Anggota Komisi 9 DPR RI, Dr. Hj. Dewi Aryani, Msi melakukan puluhan kegiatan yang melibatkan ribuan warga. Kegiatan yang digelar diantaranya pelatihan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dan program padat karya.

Dijelaskan Politisi PDI Perjuangan dari Dapil Jawa Tengah IX yang meliputi Kota-Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes, kegiatan diantaranya pelatihan tenaga kerja mandiri bidang tata boga, perbengkelan hingga jahit terpal di sekitar 14 desa. Juga pembangunan infrastruktur desa (Program Padat Karya) di 10 desa di Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes.

“Program ini untuk membangun spirit kemandirian warga dalam usaha produksi kue-kue yang bisa dijual ke masyarakat, termasuk menciptakan lapangan pekerjaan dengan program padat karya,” ujar Dewi Aryani yang akrab disapa DeAr, Sabtu 19 Desember 2020.

Menurut Doktor Adiministrasi Kebijakan Publik dan Bisnis UI ini, kegiatan-kegiatan itu secara marathon di gelar di desa-desa sejak masa Reses dari bulan November hingga Desember 2020. Setiap kegiatan di satu desa, sekurangnya melibatkan 200 warga. Selain di desa-desa, pelatihan juga dilaksanakan di Rumah Arpirasi Dewi Aryani di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi.

Karena padatnya kegiatan, bahkan dalam satu hari pelaksanaan kegiatan ada di dua desa yang berbeda, sehingga ada kegiatan yang dipantau oleh Tim DeAr. Kegiatan yang di gelar Rabu 16 Desember 2020, adalah pelatihan TKM Tata Boga serta penyerahan bantuan alat-alat masak di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes.

“Selanjutnya kegiatan di Desa Sirampog, Brebes dan penyerahan alat masak di Desa Suradadi dan Desa Karangwuluh, Kecamatan Suradadi. Dan untuk praktek tata boganya di Rumah Aspirasi HD di Desa Sidaharja,” terang Dewi Aryani.

Selain bantuan peralatan, warga juga diberikan pengarahan untuk teknis pemasaran produknyanya sehingga bisa menambah penghasilan ibu-ibu, dan meningkatkan ketrampilan tata boga, sekaligus menciptakan pengusaha tata boga di desa-desa.

Dijelaskan Dewi Aryani, untuk kegiatan Padat Karya Reguler dilaksanakan di Desa Sidaharja, Kecamatan Suradadi dan Desa Pedeslohor, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal.

Sedangkan untuk kegiatan TKM reguler dilaksanakan di Desa Kedemangaran Kecamatan Dukuhturi, Desa Pesarean Kecamatan Adiwerna, Desa Suradadi Kecamatan Suradadi, Desa Demangharjo Kecamatan Warureja dan Desa Karangwuluh Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.

Untuk kegiatan TKM (JPS) dilaksanakan di Desa Tanjung Sari Kecamatan Wanasari, Desa Buniwah Kecamatan Sirampog, Desa Banjaran Kecamatan Salem, Desa Songgom Lor Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes. Juga di Desa Bumijawa Kecamatan Bumijawa, Desa Kesadikan Kecamatan Tarub, Desa Kramat Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal.

Sementara untuk kegiatan Padat Karta JPS dilaksanakan di Desa Kertayasa Kecamatan Kramat, Desa Padaharja Kecamatan Kramat, Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang, Desa Margasari Kecamatan Margasari dan Desa Purwahamba Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.

“Sebagai contoh, kelompok TKM Tata Boga Desa Pedeslohor yang saya bentuk beberapa bulan lalu, sekarang ini sudah mandiri dan menerima banyak pesanan catering. Ini adalan bentuk kekompakan antar warga, sehingga bisa membantu perekonomian mereka,” tutur Dewi Aryani.

Keberhasilan ibu-ibu di Desa Pedeslohor, diharapkan Dewi Aryani bisa diikuti oleh kelompok lain dari desa-desa lainnya. Dewi Aryani akan terus memberi semangat dan pembinaan, agar usaha yang dirintis ibu-ibu di desa itu bisa berjalan.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita