Kamis, 03/12/2020, 16:52:50
Talud Pengaman Jembatan Podol Bumiayu Ambrol
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Talud pengaman jembatan Sungai Podol Bumiayu ambrol. Beberapa pekerja sedang memperbaiki pasangan pengaman pondasi jembatan (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Talud pengaman abutment jembatan Sungai Podol di jalan nasional jlaur Kota Bumiayu Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, ambrol dihantam arus desa sungai tersebut. Keselamatan jalan penghubung Dukuh Karangdempul Desa Jatisawit Kecamatan Bumiayu juga terancam akibat ambrolnya ta;ud pengaman tersebut.

Kepala Desa Jatisawit, Dedi Susilo Wibowo SPd talud pengaman abutment jembatan Sungai Podol ambrol akibat arus deras sungai. Ambrolnya talud pengaman juga mengakibatkan badan jalan penghubung dukuh ambrol dan tersisa satu meter.

"Jalannya di dekat talud itu juga longsor tinggal selebar satu meter," ujarnya kepada PanturaNews, Kamis 03 Desember 2020.

Bagian yang ambrol merupakan tebing sungai sepanjang 10 meter dan tinggi 10 meter. Di dekat lokasi nampak bagian tanah yang retak-retak, sehingga ditutup dengan terpal agar saat hujan tidak kemasukan air yang dapat memicu terjadainya longsor susulan.

"Di bagian jelbatan langsung dilakukan penangan oleh pihak terkait pemelihara jalan nasional," kata Dedi.

Selain itu, akibat hujan lebat sebuah rumah di Dukuh Karangdempul rusak pada bagian dapur karena terbawa longsor. Rumah milik Muhaemin warga RT 04 RW 06 rusak dengan kerugian sekitar Rp 50 juta. 

"Tidak ada korban jiwa tapi ada kerugian material dan harus segera dilakukan penanganan," kata Dedi.

Laporan peristiwa bencana tersebut telah dilaporkan ke kantor Kecamatan Bumiayu untuk dilanjutkan ke Bupati Brebes melalui dinas terkait.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita